Maksimalkan Penjualan, Minimalkan Sisa Stok Setelah Peak Season

image

Peak-season atau musim puncak bagi para retailer, sebagian retailer menghadapi musim puncak ini dengan begitu bersemangat, wajar saja karena musim seperti ini tidak ada setiap harinya.

Saat mendekati musim puncak para retailer akan disibukkan dengan membuat tampilan toko menarik dengan embel-embel tertentu, menambah stok produk musiman untuk dipajang dan banyak hal lain lagi yang dilakukan untuk menghadapi peak-season.

Namun setelah peak-season berakhir tak jarang kita melihat toko-toko yang memajang produk musiman mereka dengan harga miring dikarena banyak produk musiman yang tersisa sehingga masih harus dijual bahkan setelah musimnya berakhir.

Jika anda salah satu retailer yang menghadapi permasalahan seperti ini, maka teruslah membaca artikel ini.

Saat ini telah banyak company yang ahli dalam menghadapi situasi musiman seperti ini, mereka mampu menangani secara baik hingga tidak meninggalkan permasalahan baru diakhir musim.

Apa yang mereka lakukan? Berikut ulasannya :

Tips 1 : Mengkategorikan Produk Musiman Anda

Beda musim beda pula produk yang dibutuhkan oleh costumer dan hal ini yang kadang diabaikan oleh para retailer.

Stok kue kering hanya akan dicari saat mendekati lebaran, setelah itu? Hanya akan bersisa tanpa tersentuh oleh costumer.

Kategorikan produk musiman berdasarkan 3 variabel berikut : 1. Life Cyle dari produk

Kebanyakan produk hanya dapat terjual pada musim tertentu, dan tidak lagi mungkin bagi anda untuk menawarkan produk tersebut pada musim yang berbeda.

2. Panjang Musim

Di musim puncak yang berbeda, anda harus mampu mengindetifikasi berapa lama musim tersebut akan bertahan. Karena yang kebanyakan peak-season tidak berlangsung lama, cenderung singkat bahkan.

3. Waktu pembelian

Waktu pembelian erat kaitannya dengan panjang musim tersebut. Jika musim tersebut cederung lama maka jangan memulai terlalu awal karena akan sedikit beresiko. Memulai pada waktu pertengahan musim akan jauh lebih baik.

Tips 2 : Tidak melakukan pembelian produk sekaligus

Sebagian retailer sering kalap dalam menghadapi peak-season, tak jarang mereka melakukan stok produk dalam jumlah besar sekaligus tanpa fikir panjang.

Sebaiknya jumlah produk yang distok mengikuti arus pembelian dilapanagan, akan sangat beresiko jika anda melakukan stok produk dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Akan lebih baik untuk pembelian produk dibagi dalam beberapa tahap, beli produk dalam jumlah tertentu secara bertahap. Hal ini akan mengurangi sisa produk di akhir musim nanti.

Tips 3 : Continuous Product Vs Seasonal Product

Sebagai retailer anda harus cermat dalam melihat produk mana yang akan terus dapat dijual meski telah habis peak-season dengan produk yang hanya akan dicari pada saat musim tertentu.

Kebanyakan kesalahan retailer ialah melakukan stok besar-besaran terhadap produk musiman, bukan pada jenis produk yang selalu dibutuhkan.

Untuk produk musiman, harus identifikasinya musim jual produk tersebut panjang atau singkat? Jika musim jual singkat maka jangan stok dalam jumlah besar.

Jika musim jual produk tersebut panjang, lihatlagi waktu jual yang paling tepat. Jangan stok terlalu banyak diawal musim.

Kesimpulan :

Jangan terlena dengan musim tertentu, lihat kesempatan yang ditwarkan dari musim tersebut. Perhatikan jumlah pengunjung yang datang dari hari ke hari, jika pengunjung belum ramai maka tidak perlu untuk melakukan stok produk dalam jumlah besar.

Stok produk secara bertahap dengan melihat arus pembelian di toko, jika produk musiman bersisa akan terasa sulit untuk memindahkan ke tangan costumer saat musim tersebut telah berakhir.

turboly.com