TIPS MENGEMBANGKAN GROSIR ONLINE

image

Memulai sebuah usaha tentu dibutuhkan semangat dan kerja keras yang tinggi, selain dari itu research market juga penting untuk dilakukan, karena market selalu berubah-rubah setiap harinya.

Salah satu bentuk usaha yang terlihat menjanjikan yaitu menjadi pengusaha grosir, kerena orientasi belanja mulai beralih ke sistem online, hal ini juga membuat sejumlah grosir online mulai bermunculan.

Terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum mengembangkan usaha grosir secara online, berikut ulasannya :

1. Tentukan Pilihan Produk Yang Ingin Dijual

Yang namanya grosir tentunya anda membeli barang dalam jumlah yang besar, lalu dijual kembali dalam jumlah lebih kecil dengan harga yang relatif murah. Disini anda perlu melakukan penelitian mengenai produk apa yang menguntungkan untuk dijual kembali.

2. Jenis bisnis Grosir seperti apa yang ingin anda jalankan

Bisnis grosir yang anda ketahui saat ini mungkin bisnis grosir yang umum, namun pada dasarnya bisnis grosir terbagi kedalam beberapa jenis, jadi sebelum memulainya sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu jenis bisnis grosi apa yang ingin anda kembangkan. Bisnis Grosir online termasuk kedalam salah satu jenis bisnis grosir, dimana anda menjual produk secara online, dan tidak memiliki toko fisik.

3. Evaluasi Kondisi Finansial

Setelah menentukan produk dan jenis bisnis grosir yang ingin anda jalankan, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah melihat kondisi finansial anda. Jika modal anda masih sedikit, mulailah dengan membangun online shop terlebih dahulu selagi anda mencari pengalaman menjual secara online sekaligus mengumpulkan modal.

4. Membangun Sebuah Website

Setelah produk yang ingin anda jual sudah jelas memberikan keuntungan, modal yang dimiliki sudah tercapai. Maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis grosir online. Anda dapat membeli sebuah domain, lalu membangun sebuah website khusus untuk bisnis anda. Membangun sebuah website akan membuat bisnis anda terlihat lebih atraktiv untuk memprospek pembeli sekali supplier. Harga domai tidaklah mahal, anda bisa mendapatkannya secara cepat dan murah.

5. Koneksikan ke Social Media

Setelah berhasil membangun sebuah website, tunjukkan kehadiran anda dari sudut yang berbeda, social media. Social media memengang pengaruh yang luar biasa saat ini, pengguna social media terus bertambah tidak pernah surut. Manfaatkan keberadaan anda melalui social media dengan mengkoneksikan ke website grosir online yang anda bangun.

6. Pricing Strategy

Ingatlah usaha grosir anda saat ini jauh berbeda dengan bisnis online biasa, batasi jumlah pembelian minimal dan anda tidak melayani pembelian eceran. Dengan membatasi jumlah pembelian minimum, selanjutnya mulailah untuk membuat strategy harga untuk setiap pembelian.

Bedakan harga untuk setiap kelipatan jumlah pembelian, misalnya :

  • Jika pembeli membeli 100 unit produk, harganya @Rp. 50.000 per unit
  • Jika pembeli membeli 50 unit produk, harganya @Rp. 52.000 per unit
  • Jika pembeli membeli 10 unit produk, harganya @Rp. 55.000 per unit

7. Layanan dropship

Saat ini layanan dropship begitu dibutuhkan oleh para pembeli, terutama untuk mereka baru mengembangkan bisnis online kecil-kecilan. Ambilah kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis grosir online anda, layani setiap pembelian dropship.

8. Terus Tingkatkan Pemasaran

Mengembangkan grosir online tidak hanya sekedar mengenai keberadaan anda secara online dan mempromosikan via social media. Banyak hal yang harus anda pelajri untuk mengembangkan bisnis anda. Anda harus mampu memikirkan cara lain untuk meningkatkan pelanggan anda dan penjualan anda.

turboly.com