5 Cara Cerdas Mengelola Stock Barang Di Gudang

image

Pergudangan lebih dari sekadar menampung produk dalam jumlah besar. Ide pengelolaan stok dari sebuah bisnis melibatkan pengelolaan arus barang masuk dan keluar dari fasilitas penyimpanan, pemantauan arus barang, perencanaan tata letak fasilitas, menyediakan rencana pengiriman yang tepat untuk memenuhi pesanan tepat waktu, memastikan produk tersedia dan memastikan ketersediaan produk tidak berlebihan.

Jika tidak terorganisir dengan baik, hal ini akan membuat staff gudang mengalami kesulitan dan proses-proses tersebut tidak bisa berjalan lancar. Lalu bagaimana kiat cerdas pengelolaan gudang yang baik? Berikut 5 tips untuk Anda!

1. Buat Semuanya Terorganisir

Penyusunan yang baik akan mempemudah karyawan Anda dalam bekerja. Anda dapat meningkatkan efisiensi Anda dengan mengelompokkan produk yang paling laris secara berkelompok untuk memudahkan pencarian. Anda juga bisa mengurutkannya berdasarkan abjad atau kategori tertentu.

2. Periksa Semua Barang yang Masuk Sesegera Mungkin

Ketika ada barang yang baru masuk ke gudang Anda, segera lakukan pemeriksaan dan verifikasi. Jika ada kekurangan atau kerusakan, Anda bisa segera membuat catatan agar tidak menyulitkan di kemudian hari. Setelahnya, langsung susun di lokasi yang sudah Anda tentukan agar Anda tahu apa saja yang ada dan apa yang sudah habis.

3. Jaga Keamanan Gudang Anda

Menjaga lingkungan yang aman sangat penting untuk menjaga ketenangan pikiran. Selain menjaga keamaan stok, Anda juga harus memastikan keamanan kerja karyawan. Alih-alih mempekerjakan seseorang dengan biaya murah, sebaiknya pilih tenaga profesional pergudangan yang mampu menjaga gudang dan memastikan gudang Anda beroperasi dengan baik.

4. Pelatihan untuk Staff

Karena proses dari sebuah bisnis terus berubah dari waktu ke waktu, pastikan informasi yang dimiliki oleh karyawan Anda tetap up to date. Anda bisa melakukan pelatihan secara berkala atau melakukan pelatihan silang agar karyawan Anda memiliki keterampilan menangani lebih dari satu pekerjaan di gudang.

5. Gunakan Software yang Tepat

Sistem pergudangan tentu tidak hanya dijalankan oleh manusia, tapi juga oleh komputer. Ada banyak pilihan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menangani material dan membantu manajemen gudang. Banyak penyedia software biasanya memberikan ujicoba gratis produk mereka. Jangan lupa luangkan waktu untuk mencoba software mana yang paling cocok untuk usaha Anda.

turboly.com