Mau Konsumen Merekomendasikan Produk Yang Anda Jual? Baca Tips Ini!

image

Coba ingat-ingat lagi bagaimana Anda dan keluarga menentukan tempat untuk membeli barang dan jasa. Misalnya, proses apa yang Anda alami terakhir kali Anda memilih TV baru, tukang kebun, pengacara, atau dokter gigi? Ingat juga beberapa kali terakhir Anda pergi makan atau menghadiri bioskop dengan bujukan teman dan keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam banyak hal keputusan kita memilih selalu bergantung pada pendapat orang lain. Sepenting itulah rekomendasi dari sebuah bisnis mampu meningkatkan angka penjualan.

Lantas dari segi pelaku bisnis, bagaimana caranya membuat konsumen melakukan ini untuk Anda? Berikut tips yang bisa Anda terapkan :

  1. Kirimkan surat atau email ke semua pelanggan Anda, jangan hanya meminta dukungan mereka, tapi juga minta mereka merekomendasikan produk Anda ke teman. Jangan lupa sertakan kupon diskon, bisa berupa kode referral seperti yang banyak digunakan oleh beberapa marketplace populer di Indonesia.

  2. Tanyakan secara pribadi kepada pelanggan Anda yang benar-benar antusias jika mereka mau menyediakan daftar teman mereka dan memberi Anda izin untuk menulis atau mengirim email menggunakan nama pelanggan.

  3. Jangan pelit dan rajin-rajinlah memberikan promo. Jika ada promo menarik seperti buy 1 get 1, pelanggan tentu tanpa Anda minta sekalipun akan mengajak rekan-rekannya yang lain untuk datang.

  4. Berilah apresiasi pada pelanggan Anda, tidak hanya dengan mengucapkan terima kasih. Anda bisa menggunakan sistem tertentu untuk memberi hadiah pada para pelanggan yang telah merekomendasikan produk Anda. Misalnya, jika pelanggan Anda berhasil membawakan customer baru, Anda bisa memberi mereka diskon, hadiah produk bahkan uang tunai.

Bagaimana, siap menerapkan tips-tips ini demi mendapatkan lebih banyak customer?

turboly.com