Usaha Anda Tidak Berkembang? Segera Lakukan Hal Ini

image

Menjalani sebuah bisnis dibutuhkan tekad dan kerja keras, namun tak jarang setelah berusaha cukup keras namun perkembangan bisnis kamu masih saja lambat. Tidak berkembang dengan pesat, jika seperti ini apa yang harus dilakukan?

Berikut beberapa tips untuk mengembangkan bisnis kamu :

1. Rekrut orang yang tepat

Dalam menjalani bisnis tentunya kamu membutuhkan partner kerja yang teapt dan benar-benar dapat kamu andalakan. Dengan melihat perkembangan bisnis kamu yang semakin hari bukan semakin meningkat malah atau malah sebaliknya maka mungkin terdapat kesalahan dengan orang yang kamu rekrut.

Rekrutlah seseorang yang memiliki misi dan visi sesuai dengan kamu, mampu bekerja secara optimal dan professional. Seseorang yang demikian diperkirakan akan mampu membantu kamu dalam mengembangkan bisnis yang kamu jalani. Untuk itu segera benahi tim kerja anda, evaluasi dan mulailah merekrut orang baru dengan pemikiran yang lebih segar.

2. Fokus pada Sumber Penghasilan

Untuk sebuah bisnis retail yang menjadi sumber penghasilan kamu ialah pelanggan. Terkadang kamu disibukkan dengan mencari dan memikat pelanggan baru hingga kurang memperhatikan pelanggan lama yang membuat mereka melarikan liri. Pelanggan baru tak dapat, pelanggan lama malah kabur? Kalau sudah seperti ini bagaimana bisnis kamu dapat berkembang bukan?

Untuk itu fokuslah pada pelanggan setia kamu, tingakatkan pelayanan terhadap mereka buat mereka merasa betah berbelanja atau bekerja sama dengan bisnis kamu.

3. Mengurangi Resiko

Resiko merupakan hal yang tak dapat dielakkkan dalam memulai dan mengembangkan bisnis, dan tak mungkin juga untuk mengontrol segalanya. Untuk itu sebaiknya kamu mampu membatasi hal-hal dalam masalah bisnis kamu. Beri batasan untuk hal yang bersifat internal, tidak dicampur aduk dengan masalah eksternal.

Jangan gegabah dalam mengambil sebuah keputusan, lakukan secara bijak dan bicarakan bersama dengan anggota tim bisnis anda lainnya.

4. Mudah Beradaptasi

Trend bisnis selalu berubah dari waktu ke waktu, perubahan terjadi dengan sangat cepat. Ketinggalan selangkah akan berakibat buruk bagi bisnis kamu, ikutilah trend bisnis yang terjadi saat ini dan mulailah beradaptasi dengan perubahan dari trend bisnis tersebut.

5. Fokus pada Costumer Experience

Persepsi costumer begitu penting bagi bisnis anda, persepsi ini dapat membangun atau malah berdampak sebaliknya bagi bisnis anda.

Pertahankan kualitas dan pelayanan yang anda berikan, buat pelanggan anda menceritakan hal-hal baik tentang bisnis kamu ke teman dan kerabatnya. Jangan pernah terbersit untuk mengacaukan bisnis kamu sendiri dengan menurunkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

6. Pergunakan Uang Sebaik Mungkin

Dalam masa-masa perkembangannya mungkin keuntungan yang kamu raih tidak akan banyak, atau bahkan tidak ada keuntungan sama sekali. Untuk itu penting untuk kamu mempergunakan uang dengan cara yang bijak, tidak boros untuk hal yang tidak penting. Gunakan uang kamu untuk mengembangkan bisnis kamu ke arah yang lebih baik.

7. Selalu Berfikir Positif

Saat ini memang bisnis kamu belum berkembang lebih pesat, namun jangan berkecil hati karena suatu saat yakinlah bisnis yang kamu jalani akan berhasil. Lihatlah prospek kedepannya jika menjanjikan lakukan dengan giat dan bekerja keras untuk bisnis yang sedang kamu bangun ini. Sebuah bisnis layaknya sebuah tanaman yang kamu tanam dan sirami setiap hari untuk melihat dia tumbuh besar.

Kesimpulan

Tidak ada bisnis yang dapat besar dalam waktu semalam, semuanya membutuhkan waktu dan proses. Lakukan hal-hal yang dapat mengembangkan bisnis kamu, belajar dari pengalaman diri sendiri dan orang lain.

Semoga poin-poin diatas dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis kamu lebih baik lagi.

turboly.com