Benefit Menjaga Komunikasi dengan Pelanggan

image

Fokus pada komunikasi dengan pelanggan merupakan hal penting untuk perkembangan bisnis jangka panjang. Banyak manfaat yang dapat anda rasakan bila komunikasi dengan pelanggan terjaga dengan baik. Berikut beberapa benefit yang didapat saat komunikasi dengan Pelanggan terjalin dengan baik :

1. Mengetahui Diinginkan

Komunikasi adalah salah satu jalan bagi kamu para pelaku bisnis dapat mengetahui dengan baik apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Tanpa adanya komunikasi, tidak mungkin bagi anda untuk dapat mengetahui kebutuhan serta keinginan dari pelanggan. Pelanggan akan jauh lebih senang menjalin kerja sama dengan pihak yang mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan mereka.

2. Meningkatkan Kepercayaan

Membangun kepercayaan antara anda dan pelanggan bukalah hal yang mudah, masuk secara perlahan dengan selalu menjaga komunikasi tentu dapat menimbulkan rasa percaya dari pelanggan. Setelah kepercayaan pelanggan berada ditangan, pertahankanlah dengan baik karena sekali anda mengingkari maka jangan berfikir Pelanggan akan kembali kepada anda. Dengan senang hati mereka akan pergi ke kompetitor anda, dan tentunya kompetitor anda akan menyambut mereka dengan tangan terbuka bukan?

3. Mendapatkan Kejelasan

Sering kali terjadi kesalahpahaman anda sebagai pihak penjual dengan Pelanggan sebagai pihak pembeli. Segala bentuk kesalahan pahaman ini hanya dapat diselesaikan dengan komunikasi antara kedua belah pihak. Bicarakan atau komunikasikan pemasalahan yang terjadi dengan kepala dingin, sekali lagi penuhi keiginan dari Pelanggan. Meskipun akan terasa berat, namun ingat manfaat jangka panjangnya.

4. Meningkatkan Penjualan

Manfaat lain dari menjaga komunikasi dengan Pelanggan ialah mampu menguatkan penjualan anda. Kita ketahui bahwa dalam menemukan Pelanggan itu mudah, mempertahankannya lah yang menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk anda. Salah satu cara mempertahankan Pelanggan ialah dengan komunikasi sekali lagi komunikasi. Saat komunikasi terjalin dengan baik, Pelanggan tidak melirik yang lain tentu hal ini akan mampu menguatkan penjualan anda.

5. Menguatkan Loyalitas

Loyalty juga merupakan hal yang harus mampu kamu raih dari Pelanggan, semakin loyal Pelanggan maka tentu akan semakin baik untuk bisnis anda. Komunikasi juga menjadi salah satu kunci dalam mendapatkan loyalitas dari pelanggan, pelanggan tentu memilih ke pihak mana mereka harus loyal? Pihak yang peduli dengan mereka atau pihak yang bahkan enggan untuk menyapa mereka. Silahkan anda jawab sendiri.

6. Memahami Pelanggan

Pelanggan seringkali berubah-rubah. Kamu sebagai penjual harusnya dapat membaca perubahan yang terjadi dengan Pelanggan. Segala bentuk perubahan jika tidak ditangani dengan baik, akan berakibat buruk untuk bisnis kamu. Untuk menghindari hal ini jagalah komunikasi dengan baik, agar segala perubahan yang terjadi dapat kamu baca dengan baik.

7. Keep-In-Touch

Saat komunikasi terjalin dengan baik, hal ini akan membuat kamu dan Pelanggan selalu berhubungan. Hubungan baik ini akan membuat Pelanggan merasa selalu “peduli” dengan mereka. Sedangkan kalau komunikasi tidak terorganisir dengan baik, akan sulit bagi Pelanggan untuk selalu mengingat anda. Sedangkan yang diperlukan sekarang ialah anda harus selalu berada dalam pikiran nya si Pelanggan.

Itulah beberapa manfaat yang didapat dengan menjaga komunikasi yang baik dan konsisten dengan Pelanggan, ragam manfaat diatas berefek jangka panjang untuk bisnis anda. Selalu jaga komunikasi dengan Pelanggan, jangan sampai anda “dilupakan” oleh Pelanggan yang akan berakibat buruk bagi anda dan bisnis anda.

turboly.com