BAGAIMANA KEMASAN DAPAT MEMPENGARUHI PEMBELI

image

Jika anda dihadapkan pada pilihan dua buah produk, produk pertama dengan kemasan menarik sedangkan produk kedua dikemas biasa saja atau dapat dikatakan kurang menarik, maka produk manakah yang akan anda pilih? Tentu saja anda cenderung memilih produk dengan kemasan yang menarik bukan? Hal ini sudah lumrah terjadi, kebanyakan costumer tanpa sadar membeli produk karena terpengaruh dengan kemasan dari produk tersebut, itu sebabnya kemasan dari sebuah produk begitu penting dalam pemasaran bahkan dapat sekaligus meningkatkan penjualan.

Bagaimana kemasan produk dapat mempengaruhi pembeli?

Seringkali pelanggan memiliki penilaian sendiri saat membeli, bagaimana produk tersebut dikemas dapat menjadi salah satu penilaian yang membuat mereka membeli atau tidak produk tersebut.

Sehingga semuanya lebih ke kesan pertama dari produk, hal itu akan sangat mempengaruhi keputusan pembeli, produk dengan tampilan yang atraktif dan menarik tentu mampu memikat minat pembeli bukan?

Kemasan produk mempengaruhi alam bawah sadar

Ingatlah bahwa brand anda merepresentasikan kemasan produk, begitu juga bisnis anda hingga diri anda sendiri. Sebaliknya kemasan produk merepresentasikan komitment anda dalam memberikan kualitas produk kepada pembeli.

Menawarkan Kemudahan

Sebuah produk sebaiknya dikemas seefektif mungkin, dimana konsumen dapat mengetahui brand dan spesifikasi produk tersebut secara mudah dan cepat.

Berisi icon

Apa pentingnya menggunakan icon? penggunaan icon pada kemasan dapat membantu pembeli dalam mengingat produk anda secara instan dan cepat.

Mengandung Nilai estetika

Nilai estetika begitu mempengaruhi pembeli, minat pembeli tergantung pada aspek ini. Produk yang dikemas dengan menarik dan cantik tentu akan lebih menarik perhatian pembeli.

Untuk meningkatkan nilai estetika dari kemasan produk anda harus lebih memperhatikan pemilihan jenis font dan warna. Karena tanpa anda sadari sebenarnya penggabungan kedua aspek tersebut mempengaruhi psikologi pembeli.

Bagaimana Cara Mengesankan Pembeli Lewat Kemasan?

Desain Kemasan produk yang “luar biasa”

Cantik saja tidak lagi cukup untuk mengesankan pembeli, buatlah kemasan produk yang luar biasa yang beda dari produk lainnya. Campurkan nilai kreatif dalam kemasan produk anda, hingga membuat konsumen ingin segera berbagi pengalaman berbelanjanya ke teman-temannya yang lain. Sehingga kamu akan mengetahui bagaimana besarnya dampak kemasan produk untuk pemasaran bisnis kamu. Jika produk yang kamu jual berupa makanan, maka buatlah kemasan produk yang membangkitkan perasaan untuk segera mencicipi makanan tersebut.

Kemasan Produk “Ramah Lingkungan”

Kemasan produk yang ramah lingkungan sedang begitu populer saat ini. Jadi pemilihan material yang ramah lingkungan tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu dan perkembangan bisnis kamu.

Kemas secara simple Simple bukan dalam arti tidak menarik, namun simple disini dapat memberikan kemudaha bagi pembeli. Kemasan produk kamu mudah untuk dibawa tidak menambah kerepotan batu bagi pembeli setelah membayar produk tersebut.

Berisi Informasi Produk Jangan pernah lupakan informasi produk, pembeli tentu ingin mengetahui informasi dari produk yang mereka beli. Maka dari itu sertakan informasi mengenai produk dan brand anda secara baik di kemasan produk.

Kesimpulan

Jangan pernah menyepelekan tampilan luar dari produk anda, kualitas memang penting namun kesan pertama dari produk juga tidak kalah penting.

Pikat konsumen melalui desain kemasan produk yang menarik hingga membuat mereka memutuskan untuk membawa pulang produk anda.

Pertimbangkan dengan baik desain dari kemasan produk kamu, karena kemasan produk dapat kamu jadikan sebagai salah satu senjata untuk pemasaran bisnis kamu.

turboly.com