Inventory Control Menentukan Masa Depan Usaha Anda

image

Sebagai seorang bisnis owner, tentu anda menerima banyak sekali masukan mengenai bisnis bisa tentang cash flow, kepegawaian, atau bagaimana mengembangkan bisnis. Namun selain itu itu hal yang tidak boleh sama sekali anda abaikan ialah mengenai Inventory Management.

Karena kita tahu, inventory merupakan aset utama dalam suatu perusahaan dagang. Jadi catatan yang akurat, baik jumlah dan harga merupakan suatu keharusan.

Inventory dan biaya produk merupakan hal yang perlu untuk dipahami, karena secara langsung berhubungan profit anda. baiknya management persediaan atau inventory akan membuat anda terhindar dari kerusakan atau kehilangan persediaan barang. Untuk itu berikut beberapa tips tentang inventory management :

Kesalahan Umum Dalam Pengelolaan Inventory

Terdapat beberapa kesalahan umum yang sering kali terjadi dalam pengelolaan inventory, diantaranya yaitu :

  • Persediaan Berlebihan – memiliki terlalu banyak persediaan barang bukan merupakan ide yang baik, uang anda akan menumpuk cukup banyak disini. Lakukan pengecekan secara mendalam seberapa banyak produk yang anda butuhkan, stok sejumlah yang anda butuhkan. Jangan stok barang terlalu banyak.

  • Sebarangan dalam Tacking Inventory – menyeleksi produk secara sembarang akan berakibat jumlah tidak akan sesuai. Dan ini bukan hal sepele yang bisa diabaikan. Latih staff anda untuk menyeleksi inventory secara baik dan hati-hati agar jumlah yang masuk sesuai.

  • Tidak Menggunakan Inventory Software – penggunaan inventory management memiliki dampak yang sangat baik untuk pengelolaan ketersediaan barang anda, software ini dapat digunakan dalam jangka panjang.

  • Tidak Punya Back Up Data – anda harus benar-benar peduli dengan inventory, lakukan pengecekan secara berkala dan buatlah data backup khusus untuk inventory.

  • Hanya Mengandalkan Supplier Tertentu – tidak ada yang dapat memprediksi situasi kedepannya, sebaiknya sebagai cadangan anda memiliki lebih dari 1 sumber penyuplai. Agar pemasukan barang tidak tertahan hanya karena kehabisan barang dari penyuplai pertama. Jangan sampai orderan customer harus anda tolak karena hal ini.

Langkah dalan Proses Inventory Management yang Baik

  • Langkah pertama dalam pengelolaan inventory ialah menaksir berapa jumlah yang kamu butuhkan dan lakukan tracking secara cepat terhadap produk. Tergantung berapa besar gudang, biaya pengiriman, sebaik apa penjualan produk akan menentukan berapa banyak produk yang dapat kamu simpan.

  • Definisikan jumlah level stok minimum, dan lakukan pemesanan ulang saat produk telah mencapai level tersebut. Jadi kamu akan terhindar dari resiko kehabisan produk.

Gunakan Sistem Penjualan

Sebuah point-of-sales system yang baik akan sangat membantu membuat pengelolaan inventory menjadi lebih baik, terutama untuk penjualan.

Beberapa POS Sytem memberikan peringatan untuk anda bila stok mulai menurun, dan dapat otomatis terhubung dengan sistem Inventory.

Sistem ini dapat menemukan produk yang paling laku, jadi anda hanya perlu produk tersebut cukup tanpa harus stock terlalu banyak.

Temukan Inventory Control System Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Sebuah inventory control system dapat membantu anda dalam membuat data akurat akan produk. Keakuratan data ini yang sangat penting dalam pengelolaan persediaan barang.

Gunakan sebuah sistem inventory online yang mampu mengontrol inventory anda secara maksimal sesuai kebutuhan. Dengan perkembangan teknologi saat ini tentu memiliki sebuah sistem seperti itu bukan lagi hal yang mustahil.

turboly.com