TIPS EFISIENSI BIAYA TANPA MENGURANGI KUALITAS PRODUK

image

Dalam mengembangkan sebuah bisnis tentunya dibutuhkan sejumlah biaya yang tidak sedikit. Tak jarang penjual untuk menghemat sejumlah biaya malah menurunkan kualitas dari produk, hal ini tentunya akan begitu mengecewakan costumer, karena dimana-mana costumer tentu menginginkan produk dengan kualitas terbaik.

Sebenarnya banyak cara yang dapat anda lakukan dalam pengefisiensi biaya pengeluaran, tanpa harus menurunkan kualitas dari produk anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda :

1. Penerapan Teknologi

Penggunaan dan penerapan teknologi dalam bisnis retail mampu memberikan banyak sekali keuntungan, salah satunya anda bisa mengurangi biaya operasional.

Penggunaan teknologi yang tepat guna dapat menghemat pengeluaran biaya bisnis anda untuk jangka panjang. Internet merupakan tempat terbaik untuk menemukan sejumlah software dan tool gratis yang dapat membantu kelancaran bisnis anda.

2. Disiplin Keuangan

Membayar tepat waktu terkadang memberikan beberapa keuntungan kepada anda, seperti diskon karena membayar tepat waktu. Selalu ingat untuk membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari beragam biaya tambahan seperti denda atau lainnya. Dengan memperhatikan proses dan prosedur kamu dapat mengurangi hal yang tidak berguna untuk mengurangi sejumlah biaya.

3. Efisiensi Biaya

Sebagai pelaku bisnis anda harus selalu melihat cara untuk membuat bisnis anda lebih efisien dari waktu ke waktu.

Berikan mandat kepada staff anda untuk melihat hal-hal yang tidak berguna serta cara untuk menghemat waktu dan uang. Jika staff anda mempunyai ide, dengarkanlah dengan seksama. Tentunya anda tidak ingin kehilangan uang hanya karena tidak menaruh perhatian lebih bukan?

4. Review Penjualan Produk

Perhatikan ragam produk barang & jasa yang anda jual, evalusi produktivitasnya setidaknya selama 1 bulan sekali. Hal ini ditujukan untuk menganalisa barang & jasa mana yang memiliki profit yang tinggi. Jika memang suatu produk barang & jasa tidak memiliki profit yang baik atau bahkan merugi maka segera putuskan untuk mengganti dengan jenis yang lain. Evaluasi seperti tentu akan membuat anda menemukan sejumlah hal yang selama ini anda anggap baik-baik saja namun sebenarnya tidak sebaik yang anda duga.

5. Evalusi Kinerja Pegawai Secara Reguler

Mempekerjakan sejumlah pegawai juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, disini anda harus pintar-pintar menilai kinerja dari pegawai anda.

Jika kinerja pegawai tidak memberikan produktifitas yang baik dan tidak dapat/ sulit dibina anda maka cukupkan saja kontrak kerja sama anda dengan pegawai tersebut. Pekerjakan pegawai yang benar-benar mampu bekerja dengan maksimal.

6. Cermat Dalam Pembelian Tentunya terdapat beberapa pekerjaan yang melibatkan pihak luar, nah disini sebaiknya anda tidak bergantung pada satu vendor. Carilah beberapa vendor untuk mendapatkan perbandingan harga, pilihlah vendor yang dapat diajak bekerja sama dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Jika ini anda terapkan maka uang yang anda keluarkan untuk kegiatan operasional akan terasa lebih ringan.

Kesimpulan

Mengurangi kualitas dari produk agar menghemat biaya bukan merupakan pilihan yang baik, dan mengurangi biaya operasional secara besar-besaran tentu juga bukan hal yang mungkin untuk dilakukan. Kurangi dari hal-hal kecil yang sebenarnya juga memakan sejumlah biaya, dengan begitu kualitas produk tetap dapat dipertahankan dan kegiatan operasional bisnis tidak terganggu.

turboly.com