Bangun Kesuksesan Bisnis Dengan Membangun Jaringan Distribusi

image

Kesuksesan sebuah bisnis tentu tidak dapat dicapai dalam semalam, butuh kerja keras dan proses panjang untuk meraih sukses dalam bisnis retail. Dalam proses menuju sukses tersebut, butuh sejumlah startegy yang tepat sasaran sehingga bisnis anda dapat terus berkembang hingga meraih kesuksesan tertentu.

Salah satu strategy yang mempengaruhi suksesnya sebuah bisnis retail ialah dstribusi strategy. Distribusi strategy memastikan setiap produk akan sampai ke tangan costumer anda. Jika dalam kasus ini anda berperan sebagai manufactures, maka anda sepatutnya membentuk sebuah jaringan distribusi yang didalamnya termasuk wholesaler, retailer, distributor, hingga internet (online).

Setiap jaringan distribusi tersebut, memberikan perbedaan dalam hal kesepakatan dengan costumer dan prospeknya. Untuk memastikan jaringan distribusi anda bekerja dengan efektif anda harus pastikan strategy anda bekerja pada level yang benar.

Terdapat beberapa poin yang mendukung baiknya strategy distribusi berperan dengan efektif, diantaranya ialah :

Jangkauan

Jika bisnis anda memiliki strategi untuk mengembangakan bisnis dalam skala regional atau lebih, maka perhatikan dengan baik kondisi geografis daerah yang ingin anda jangkau melalui jaringan distribusi anda. Identifikasi para distributor anda yang terdapat dalam beberapa kawasan tersebut, jika masih minim maka anda dapat bergerak untuk menambah jaringan distributor pada kawasan tersebut. Selanjutnya jika bisnis anda ingin melebarkan sayap dengan mengekpor produk, maka pilihlah distributor yang sudah sangat berpengalaman, dan memiliki pengatahuan yang baik mengenai kawasan tujuan ekspor tersebut.

Pertimbangkan pula untuk memasarkan produk melalui internet, dengan internet jangkauan pemasaran anda dapat semakin luas, pelanggan pun dapat berasal dari daerah yang berbeda-beda.

Biaya

Distribusi Strategy memang sangat memungkinkan untuk memperluas bisnis. Namun penting pula untuk mempertimbangkan biaya yang dihabiskan untuk perluasan jaringan distribusi tersebut. Bandingkan pengeluaran yang dihabiskan antara distribusi tidak langsung dengan distribusi penjualan langsung tersebut.

Biaya yang dikeluakan apakah sebnading dengan keuntungan yang didapat? Jika keuntungan akan sangat menjanjikan maka strategy perluasan distribusi patut untuk anda lakukan.

Kontribusi

Dalam membangun strategy distribusi ini dibutuhkan kontribusi dari setiap jaringan distributor anda. fokuskan untuk bekerja dengan distributor yang memberikan informasi tambahan mengenai costumer. Serta distributor anda juga sebaiknya mampu berkontribusi dalam memahami pasar lokal, sehingga dapat membantu anda dalam membangun bisnis di area pasar yang baru tersebut.

Dukungan dan Kontrol

Dukungan dan kontrol merupakan faktor penting dalam membangun strategi distribusi. Tunjuklah seorang sebagai manager untuk bekerja sama dengan distributor untuk memantau kinerja serta mengidentifikasi apa yang mereka butuhkan. Kembangkan pula program yang dapat mendukunng kebutuhan setiap jaringan distribusi. Program seperti kampaye disetiap daerah tentu akan sangat membantu para distributor anda. Bentuk pula program pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan produk serta marketing setiap distributor anda, hal tersebut dalam membuat mereka mampu melayani costumer dengan semakin baik lagi.

Kesimpulan

Membangun jaringan distribusi bukalah hal yang mudah, banyak aspek yang harus dipelajari dengan baik diantaranya seperti aspek geografi yang nanti akan berpengaruh terhadap behaviour costumer di lokasi tersebut. Dalam usaha pembentukan jaringan distribusi, pilihlah distributor yang memiliki kemampuan yang mapan dan handal. Dan juga memiliki pemahaman yang baik akan area pemasarana produk. Setelah itu terus pantau kinerja dari para distributor, identifikasi apa yang mereka butuhkan. Dukung kinerja mereka dengan memberikan sejumlah pelatihan atau program pendukung lainnya.

turboly.com