Iklan, Hal Yang Sering Dilupakan

image

Kerap kali para pelaku usaha mengabaikan hal-hal kecil yang sebenarnya memiliki pengaruh besar bagi perkembangan usahanya. Salah satunya ialah iklan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan terkadang membuat pelaku usaha enggan untuk mengiklankan usaha mereka.

Padahal dengan perkembangan teknologi dan social media yang begitu pesat, akan sangat mudah bagi para pelaku usaha untuk mengiklankan usaha atau produk mereka.

Iklan dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi retailer, namun juga bagi konsumen. Simak ulasannya dibawah ini :

Bagi Retailer :

1. Memudahkan Penjualan

Menjual sebuah produk bukanlah hal yang mudah, terlebih jika produk tersebut baru. Namun kamu dapat memanfaatkan iklan disini, iklan dapat memberikan informasi penting mengenai kualitas produk, dengan begitu tentu akan lebih mudah bagi kamu dalam menjual produk tersebut. Karena pelanggan telah mengetahui kulitas produk tersebut dari iklan yang kamu pasang.

2. Meningkatkan Penjualan

Iklan merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan, dengan seringnya orang melihat iklan produk anda maka produk tersebut akan semakin terekam dengan baik di memori mereka. Hal ini tentu dapat dengan pesat meningkatkan penjualan anda. Iklan juga sebagai salah satu langkah untuk mendekatkan diri, antara produk dan konsumen.

3. Menarik Perhatian Lebih Banyak

Curi perhatian calon konsumen/ konsumen lebih banyak lagi lewat iklan. Sebarkan iklan produk anda sebanyak atau sesering mungkin. Hal ini untuk menarik perhatian lebih banyak konsumen, bagaimana konsumen akan tertarik dengan bisnis atau produk anda jika mereka tidak pernah mengenalnya terlebih dahulu?

Lewat iklanlah anda dapat mengenalkan bisnis atau produk anda guna menarik lebih banyak pelanggan.

3. Eksistensi

Iklan salah satu langkah untuk menunjukkan eksistensi bisnis ataupun produk anda. Dengan diketahui oleh publik tentu hal ini akan berdampak pada penjualan anda.

Bagi Konsumen

1. Edukasi

Setiap calon konsumen perlu diberi pemahaman terlebih dahulu mengenai bisnis ataupun produk, dan caranya ialah lewat iklan. Iklan dapat dengan baik mengedukasi calon konsumen, yang awalnya tidak memahami dengan baik tentang produk yang anda jual akan dapat paham setelah melihat informasi dari iklan yang anda sebarkan.

2. Mengetahui Produk Terbaru

Bagaimana mengenalkan produk terbaru kepada konsumen/ calon konsumen? Ya lewat iklan. Akan lebih mudah untuk mengenalkan produk terbaru kepada konsumen lewat iklan.

3. Iklan = Hiburan

Bagi sebagian pelanggan sering melihat iklan sebagai sebuah hiburan, dan ini juga langkah awal yang baik untuk mendekatkan bisnis anda kepada konsumen. Awalnya konsumen hanya melihat sebagai hiburan, selanjutnya meraka akan menggunakan produk atau jasa anda.

4. Mengetahui Harga yang jelas

Terkadang iklan juga memberikan informasi mengenai harga, dan tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi kosumen. Mereka dapat dengan mudah mengetahui harga yang dipasarkan untuk produk atau service dari bisnis anda.

5. Hemat Waktu

Iklan juga dapat menimalisir waktu konsumen, mengapa? Mereka tidak perlu mencari informasi kesana-sini mengenai produk anda. Mereka hanya perlu memperhatikan iklan yang anda buat untuk segala informasi yang mereka butuhkan.

Kesimpulan Iklan memiliki manfaat yang besar bagi pelaku usaha, seperti menarik perhatian konsumen yang berujung ke meningkatnya penjualan produk atau jasa. Sedangkan bagi konsumen sendiri iklan juga memberikan manfaat yang besar, dimana mereka dengan mudah dapat mengetahui kualitas dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

turboly.com