Pasar Online Ramai, Usaha Ritel Tetap Menjanjikan

image

Peluang membangun usaha secara online memang sedang terbuka lebar, banyak pihak yang mencoba peruntungan di bidang bisnis secara online ini. Segala produk dicoba untuk dipasarkan secara online dan ini berbanding seimbang dengan minat pembeli produk secara online yang kian meningkat terus-menerus. Namun dengan maraknya bisnis secara online bagaimana dengan nasib bisnis retail lainnya? Terutama yang masih menggunakan sistem brick anda mortar?

Ketahuilah usaha ritel tetap masih mejanjikan, berikut beberapa alasan yang mendukung mengapa usaha ritel masih tetap menjanjikan :

1. Tidak Semua Produk Dapat Dijual Secara Online

Kita lihat saat ini begitu banyak ragam variasi produk yang dijual secara online, namun jangan berpatah semangat karena tidak semua produk cocok untuk dijual secara online. Pembeli juga mengetahui betul hal ini. Contoh untuk kebutuhan sehari-hari, mereka tidak akan membeli kebutuhan sehari-harinya secara online, barang yang dibutuhkan dalam waktu itu juga tentu tidak akan dibeli secara online. Sehingga bisnis ritel masihlah menjadi tujuan mereka untuk mendapatkan produk tersebut.

2. Dapat Melihat Barang Secara Langsung

Barang yang dipesan secara online, tidaklah dapat dilihat secara langsung. Pembeli hanya melihat dari gambar, dan membayangkannya berdasarkan deskripsi produk yang tercantum. Riskan sekali barang yang sampai tidak akan sesuai dengan bayangan si pembeli. Disinilah letak kelebihan dari bisnis ritel. Pembeli dapat melihat produk yang anda jual secara langsung, pembeli bisa menilai produk disaat itu juga. Jika tertarik dapat langsung dibawa pulang tanpa harus menunggu. Beberapa pembeli cenderung menyukai sistem jual beli yang seperti ini.

3. Tidak Perlu Menunggu

Beli secara online mengharuskan pembeli menunggu barang sampai ke alamat yang dituju, proses pengiriman bisa memakan waktu beberapa hari tergantung jarak masing-masing. Hal ini tidak akan dirasakan jika kamu membeli secara langsung, barang yang diinginkan dapat dibawa pulang tepat setelah membayar, dan hal ini termasuk kelebihan lain yang dimiliki oleh bisnis ritel.

4. Customer Experience

Customer experience salah satu yang harus diperhatikan oleh semua pelaku bisnis. Akan terdapat perbedaan yang jelas customer experince berbelanja secara online dengan belanja secara langsung. Tidak sedikit pelanggan yang memiliki pengalaman tidak mengenakkan saat berbelanja secara online, dan tentu hal ini menurunkan tingkat kepuasan pembeli saat belanja secara online.

5. Kualitas Produk Terjamin

Pelanggan tidak akan dapat melihat kualitas dari produk jika membeli secara online. Sedangkan dengan mendatangi toko ritel customer dapat secara jelas menilai kualitas produk yang akan dibeli. Bagi sebagian pembeli yang peduli dengan kulitas tentu akan sangat berhati-hati dalam hal membeli secara online.

6. Interaksi Customer Secara Langsung

Terdapat beberapa kendala dalam hal komunikasi dengan toko online, pertanyaan anda tidak langsung terjawab dalam waktu itu juga.

Berbeda dengan bisnis ritel, yang segala bentuk pertanyaan anda dapat terjawab dalam waktu itu juga.

Komunikasi dari bisnis ritel dengan customer terjalin dengan baik, dapat dikatakan jauh lebih baik dari bisnis online.

Kesimpulan

Bisnis ritel masih begitu menjanjikan, poin diatas menunjukkan bahwa bisnis ritel masih dibutuhkan dikalangan pembeli. Bisnis ritel memiliki kelebihan yang tentu tidak dimiiliki oleh bisnis online, dan kelebihan inilah yang harus diperhatikan dan dijaga.

Tingkatkan pelayanan penjualan bisnis ritel anda, berinteraksi dengan baik kepada customer, gunakan sistem retail terintegrasi untuk meningkatkan kontrol internal. Karena saingan anda bukan lagi bisnis ritel di sebelah anda namun toko online, yang tidak dapat dihitung dengan jari jumlahnya ada berapa banyak.

turboly.com