Alasan Mengapa Retailer Beralih Menggunakan POS System

image

Perkembangan teknologi yang mulai merambah kedalam dunia bisnis memberikan beberapa perubahan besar bagi para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya, terlihat dalam beberapa bisnis retail yang mulai menerapkan sistem POS, yang sebelum mereka hanya menggunakan sistem cash register biasa tidak terintegrasi dengan komputer.

Terdapat beberapa alasan yang membuat para retailer beralih dari cash register ke POS System, ingin tahu? Yuk simak

Dengan POS System, Transaksi Pembayaran Lebih Mudah

Bila halnya sebuah bisnis retail mulai menggunakan POS System maka keuntungan pertama yang terlihat yaitu terhindarnya dari antrian pembeli di mesin kasir. Sejumlah pembeli sering kali mengeluh soal antrian panjang saat membayar, bagi mereka mengantri terlalu lama sungguh melelahkan dan menyita waktu mereka. Hal ini umum ditemukan dalam bisnis retail yang menggunakan sistem pembayaran secara manual. dimana proses transaksi pembayaran konsumen berjalan lama hingga menimbulkan antrian panjang.

Jika anda tidak ingin pelanggan anda kabur hanya karena antrian panjang di toko, maka POS System adalah cara terbaik untuk menyelesaikan persoalan klasik ini. POS System menawarkan sistem pembayaran yang mudah, cepat dan tentunya dengan perhitungan belanja yang akurat.

Tidak Hanya Pembayaran, Namun Manajemn Toko Dapat Diatur lewat POS System

POS System sebuah perangkat lunak yang menguntungkan penjual dari segala sisi. Mulai dari mengelola manajemen, pembayaran hingga inventory. Untuk kebutuhan manajemen seperti mengatur jadwal shift staff menjadi sangat mudah lewat POS System, dimana kamu sebagai owner dapat memplotkan jadwal kerja staff secara online yang dapat diakses oleh seluruh staff.

Jika halnya mereka tidak dapat bekerja dan ingin menukar, hal tersebut juga sangat mungkin untuk dilakukan melalui fitur manajemen pegawai yang terdapat dalam POS System. Jadi kamu tidak harus kelabakan bila halnya ada staff yang tida hadir karena mereka dapat menukar jadwal shift mereka secara real time dan kamu juga dapat melihat aktivitas yang dilakukan oleh para pegawai. Sangat memudahkan kamu dalam bekerja bukan?

Perhitungan Inventory menjadi Semakin Mudah

Inventory diibaratkan sebagai nyawa dalam retail bisnis, kehabisan inventory atau produk tertentu dapat membuat kamu kehilangan pelanggan. Setiap transaksi yang terjadi akan secara linear berhubungan inventory management, jadi pengurangan jumlah stok dapat dihitunga secara otomatis. Hal ini tentu membuat kamu dengan mudah mengetahui sisa stok produk, sehingga kamu dapat segera melakukan pemesanan ulang jika jumlah produk tersebut mulai menipis.

Dengan POS System Kamu Tidak Akan Dibuat Repot Lagi dengan Laporan Bulanan

Laporan penjualan merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lupakan, jika sebelumnya kamu mengurus laporan secara manual maka dengan adanya POS Sytem kegiatan itu tidak akan kamu lakukan lagi. Dimana laporan penjualan setiap bulanya dapat dengan mudah kamu cek di POS System. Jadi waktu kamu tidak lagi tersita untuk mengurus laporan bulanan. Fitur ini umum terdapat dalam berbagai POS System karena banyaka sekali retailer yang request tersedianya fitur yang satu ini.

POS System Juga Dapat Membantu untuk Meningkatkan Penjualan

Beberapa POS System menyediakan fitur loyalty cotumer, dimana akan memudahkan kamu untuk tetap terhubung dengan para loyal costumer. Komunikasi yang terjalin secara baik dengan loyal costumer memberikan manfaat yang besar untuk kamu dalam meningkatkan penjualan. Jika kamu ingin mengadakan sale, maka sasaran utamnya haruslah loyal cotumer. Karena mereka yang selama ini selalu setia dengan produk kamu. Kirimkan email berupa penawaran menarik khusus untuk para loyal costumer lewat fitur loyalty costumer yang terdapat dalam POS System. Bagaimanapun setiap pelanggan tentu akan merasa tersanjung bila penjual menghargai sikap loyal mereka selama ini.

turboly.com