Kebiasaan Ini Bisa Membawa Kamu Menjadi Retailer Sukses

image

Terdapat sebuah pepatah lama dalam bisnis Retail “Pelanggan adalah raja, Pelanggan selalu benar”. Namun nyatanya saat kamu menjalankan sesuai dengan pepatah diatas tidak dapat membuat kamu menjadi seorang retailer yang sukses. Karena letak kesuksesan seorang retailer dan pelaku usaha bisnis lainnya tidak semata-mata terletak pada “Pelanggan.

Terdapat beberapa kebiasaan yang jika terus diulang dapat membawa kamu ke pintu kesuksesan, kebiasaan apa itu? Simak ulasannya dibawah ini :

Kebiasaan Pertama : Prioritas Kunci Utama

Retailer menjalani banyak kesibukan. Mulai dari melakukan pemesanan barang, melakukan riset terhadap apa yang sedang menarik di pasar, melakukan pelatihan terhadapt staff, membuat rencana yang akan datang, serta yang paling utama ialah menjalani bisnis retail tersebut. Seorang Retailer yang sukses harus dapat memilah mana yang harus lebih dulu diutamanakan. Agar lebih terorganisir buatlah jadwal harian apa yang harus kamu lakukan, sertakan pula deadline dari tugas tersebut meskipun kamu bosnya. Namun dengan begitu kamu dapat lebih fokus atas jadwal dan lebih tahu mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Kebiasan Kedua : Belajar dari Kesalahan

Dalam membangun bisnis retail tersebut, tentu banyak rintangan yang dilalui, banyak kesalahan yang dilakukan, banyak kesempatan yang dilewatkan. Meski keadaan bisnis sedang tidak bersahabat, sebagai seorang retailer kamu harus terus bergerak maju dalam keadaan seperti itu. Jangan biarkan kesalahan yang kamu buat menjadi penghalang untuk kamu merebut kesuksesan di akan datang. Ingat dengan baik kesalahan yang pernah kamu lakukan, jadikan sebagai pengalaman dan jangan lakukan hal tersebut kembali. Lakukan sejumlah inovasi yang dapat mencegah terjadinya kesalah seperti sebelumnya.

Kebiasaan Ketiga : Memberikan Pelatihan terhadap Staff

Pelatihan terhadap staff merupakan hal vital yang tidak boleh kamu abaikan sebagai seorang retailer. Salah satu pelatihan penting yang dibutuhkan oleh staff ialah pelatihan dalam memahami kebiasaaan atau keinginan dari pelanggan, serta pelatihan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Setiap kamu merekrut staff baru, jangan lewatkan kesempatan untuk memberikan sejumlah pelatihan terhadap staff baru kamu. Dan bukan berarti staff lama dilupakan, laksanakan program pelatihan yang mewajibkan seluruh staff ikut serta. Karena dunia retail tidak pernah berhenti, keinginan pelanggan tidak pernah berhenti, kebiasaan pelanggan juga terus berubah-ubah. Itulah hal yang harus terus kamu dan staff kamu pelajari.

Kebiasaan Keempat : Memahami Kompetitor Anda

Tak jarang seoarang owner bisnis retail mengunjungi toko kompetitornya untuk melihat apa yang kompetitor lakukan, bagaimana produk yang mereka tawarkan, mencari tahu apa yang membuat mereka dapat lebih sukses. Lakukanlah hal yang tidak belum terfikir oleh kompetitor anda, jangan buat bisnis anda menyamai bisnis mereka tapi buat bisnis anda jauh berbeda dengan bisnis mereka. Pelajari terus apa yang dilakukan oleh kompetitor anda, dan teruslah bergerak selangkah di depan dari kompetitor anda.

Kebiasaan Kelima : Tingkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk yang ditawakan kepada pelanggan harus terus diperhatikan kualitasnya. Disela-sela menjual produk berkomunikasi lah dengan pelanggan tentang kebutuhan dan keinginan mereka akan produk. Jangan terus memajang produk yang sama di rak, tapi rutin menukar produk-produk tersebut dengan yang terbaru dan yang paling diinginkan oleh pelanggan.

Itulah beberapa kebiasann yang bila kamu lakukan secara berulang, perlahan tapi pasti dapat membawa kamu ke pintu kesuksesan dalam bisnis retail.

turboly.com