Apa Itu Retail Management?

image

Kata retail awalnya berasal dari Perancis dengan nama ritellier yang bermakna memotong. Bisnis retail sendiri memang sedang diminati pasar Indonesia. Bagi anda yang terjun dalam bisnis ini tentu membutuhkan manajemen retail agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih efektif dan efisien. Manajemen retail sendiri merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian dan pengendali sumber daya yang dimiliki untuk melancarkan perdagangan retail baik berupa barang maupun jasa.

Macam – Macam Manajemen Retail

Sebelum anda mengetahui factor apa yang memiliki peran dalam memanajemen retail anda maka terlebih dahulu kenali jenis retail yang anda miliki. Ada beberapa penggolongan bisnis retail seperti dibawah ini :

1. Catalog Stores

Jenis retail ini mengutamakan penjualan berdasarkan katalog yang dibagikan kepada konsumen potensial. Umumnya catalog stores memiliki stok gudang yang banyak sehingga mampu memenuhi pesanan dalam jumlah banyak.

2. Discount Stores

Salah stau contoh retail jenis ini ialah alfamart yang mengedepankan penjualan barang dengan harga murah.

3. Chain Store

Ialah toko pengecer dengan jumlah gerai lebih dari satu namun dimiliki oleh satu perusahaan

4. Specialty Store

Toko eceran yang menjual produk tertentu saja seperti toko buku Gramedia yang hanya menjual produk buku yang dimiliki oleh Gramedia sendiri.

5. Departemen Stores

Departemen store merupakan toko eceran berskala besar yang biasa anda temui di mal – mal. Salah satu contohnya ialah Ramayana maupun Matahari.

6. Hypermarkets

Toko eceran yang menjual jenis barang dalam skala besar yang kira – kira bisa lebih dari 50.000 item. Salah satu contohnya ialah Carrefour atau Hypermart yang biasa anda temui di kota – kota besar.

7. Supermarket

Jenis toko ini cenderung menjual produk kebutuhan sehari – hari baik makanan maupun non makanan dalam jumlah sedikit.

Fungsi Manajemen Retail

Manajemen retail dibutuhkan untuk mengelola perdagangan bisnis anda agar berjalan lancar serta mampu berkembang lebih besar lagi. Selain itu terdapat fungsi lain dari manajemen retail ini yang wajib anda ketahui.

Mencegah Kegagalan Produk Di Pasar Domestik

Melakukan manajemen retail maka akan mendorong anda untuk mampu mencegah kegagalan produk diterima pasar. Pasar domestic kian jenuh sehingga banyak produk retail yang gagal. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba pasar luar negeri yang jauh lebih berpeluang memberikan kesuksesan pada produk anda.

Bagian Dari Regulasi

Perkembangan regulasi terkait perdagangan saat ini cenderung memberikan kebabasan untuk melakukan perdagangan lintas negara.

Menciptakan Keahlian dan Sistem Distribusi Yang Lebih Baik

Adanya managemen retail juga mendorong terbentuknya sistem distribusi yang lebih baik. Produk juga mudah ditransfer dari negara asalnya ke negara lain lebih mudah.

Faktor Yang Mempengaruhi Retail ManagemenT

Dalam memnentukan managemen retail anda wajib mempertimbangkan alasan customer dalam memilih retail store. Para customer ini tentu tidak sembarangan dalam memilih, mereka juga mempertimbangkan kebutuhan emosional selain kebutuhan ekonomi. Nah berikut factor – factor yang perlu anda ketahui dalam bisnis retail:

Harga : Tentu saja harga menjadi bagian penting dalam bisnis retail. Harga rata – rata retail store merupakan harga pasti sehingga tak bisa anda tawar lagi.

Reputasi : Menjaga reputasi produk dan perusahaan akan membuat konsumen anda percaya akan produk yang dihasilkan dan menjadikan mereka bagian dari konsumen setia anda.

Promosi : Berkat bantuan teknologi untuk kegiatan promosi anda bisa menekan biaya pemasaran cukup signifikan. Tak hanya berkat wiraniaga yang kompeten kini untuk berpromosi anda juga bisa memanfaatkan social media.

Kualitas : Selain harga dan reputasi para pembeli juga mempertimbangkan kualitas produk yang anda tawarkan.

Manfaat Produk : Selain itu pembeli juga mempertimbangkan apakah produk yang ditawarkan sudah memberikan manfaat yang optimal atau belum.

turboly.com