Keuntungan Menggunakan POS di Bengkel Anda

image

POS merupakan singkatan yang dipakai untuk Point Of Sales yakni tempat kasir melakukan check out counter dengan mesin kasirnya. Secara fisik POS diaplikasikan pada seperangkat computer dan mesin kasir yang banyak anda temukan diberbagai jenis bisnis. Mulai dari restoran, café, supermarket hingga bengkel juga menggunakan POS dalam bisnis mereka. Tentu sistem ini membawa banyak sekali keuntungan sehingga banyak diminati pelaku usaha. Penasaran bukan dengan manfaat dari POS ini? yuks imak selengkapnya berikut ini :

Manfaat POS :

1. Mengatur Stok Sparepart Anda

Kelebihan dari sistem POS ini ialah mampu terintegrasi dengan stok sparepart anda. Anda tak perlu stok ulang dan dapat mengetahui jumlah sparepart yang ada di gudang secara real time. Bukan itu saja anda juga mampu menganalisis persediaan sparepart anda secara detil, rapi dan mampu memonitor biaya satuannya.

2. Memberikan Invoice Lebih Akurat dan terperinci

Kehebatan lainnya dari POS ialah mampu membuat invoice atau tagihan lebih lengkap, terperinci dan jelas untuk para klien bengkel anda. Tentunya sistem ini akan lebih cepat dan efisien ketimbang membuat invoice manual.

3. Mampu Merekam Data Penjualan

POS juga mampu merekam data penjualan anda secara real time. Andapun terbantu dalam memutuskan keputusan pembeliaan atas item – item yang dibutuhkan bengkel anda.

4. Menerima Segala Jenis Pembayaran

POS karena sudah mampu beradaptasi dengan teknologi yang ada sehingga mampu membantu anda dalam menerima beragamalat pembayaran. Tak hanya bisa menerima pembayaran cash namun juga kartu kredit. Anda juga bisa memakai scanner barcode untuk mempercepat melayani konsumen bengkel anda.

5. Membantu Anda Dalam Pembukuan

Jika POS mampu meningkatkan akurasi penjualan atas jasa bengkel anda maka jangan heran jika ia juga bisa membantu pembukuan yang anda butuhkan. Sistem POS juga terintegrasi degan akuntansi sehingga membantu membuat laporan keuangan bulanan maupun tahunan anda lebih cepat.

6. Menghemat Biaya Operasional

Adanya POS digital sangat membantu pelaku bisnis untuk berhemat dalam biaya jasa akuntansi dan gaji karyawan. Tentu saja imbas dari penekanan biaya operasional ini mampu membuat anda mengeruk keuntungan lebih tinggi. Sistem POS juga tersedia untuk tablet dan android sehingga memudahkan anda melayani konsumen saat ke bengkel anda.

7. Meningkatkan Citra Bengkel

Jika pelayanan administrasi dan keuangan anda baik tentu saja adanya POS mampu meningkatkan citra bengkel anda dimata konsumen. Konsumen merasa puas karena mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah dan professional. Usaha bengkel andapun dinilai lebih kredibel dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada.

Bagi anda yang hendak menggunakan sistem POS tentu perlu memperhatikan beberapa poin dibawah ini. Pasalnya tak semua sistem POS mampu memberikan hasil yang anda inginkan.

a. User-friendly

Buat apa anda memiliki sistem POS yang terbaru dan canggih jika tidak dapat anda gunakan. Ada baiknya pilih sistem POS yang user friendly dan sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

b. Harga dan Kualitas

Jika anda sudah tahu sistem POS yang anda butuhkan seperti apa tentu poin kedua ialah mengecek harganya. Sesuaikan dengan budget anda asal sistem POS yang anda gunakan berkualitas dan mampu mengoptimalkan jasa bengkel anda.

c. Dukungan Teknisi

Poin terakhir ialah adanya dukungan teknisi yang setia membantu anda dalam mengaplikasikan sistem tersebut. Adanya teknisi ini juga membantu anda untuk mengetahui fungsi dan cara kerja sistem POS lebih mendetail.

Dari hal-hal tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa program bengkel, software bengkel, POS Bengkel sangat diperlukan bagi anda yang ingin usaha bengkel anda berkembang dengan pesat.

turboly.com