Strategi "Licik" Untuk Meningkatkan Penjualan

image

Dalam meningkatkan penjualan tidak hanya mengandalkan selera pasar saja. Terkadang anda juga perlu menerapkan strategi licik untuk menciptakan trend tersendiri. Disinilah peran tim pemasaran anda mulai diuji. Untuk membuat produk anda disukai masyarakat tak jarang diterapkan trik – trik yang memainkan sisi psikologis konsumen. Tentu anda penasaran dong dengan trik – trik licik apa saja yang mampu menggaet para pembeli? Simak ualasannya berikut ini :

Harga

Strategi pertama yang bisa anda coba ialah dengan menerapkan “tipuan” harga. Tipuan harga ini maksudnya anda bisa memasang harga dengan nominal unik ataupun ganjil. Tahukah anda bahwa setiap harga memiliki pesonanya sendiri dimata pembeli. Kebanyakan orang cenderung tertarik dengan angka ganjil. Angka ganjil yang umum dipakai ialah angka 5 dan 9 seperti trik mengurangi 1 digit untuk angka sebelah kiri. Sebagai contoh pembeli cenderung tertarik dengan harga Rp. 199.999 ketimbang Rp.200.000.

Ukuran Selain harga ternyata ukuran suatu barang bisa menjadi salah satu alasan konsumen dalam membuat keputusan. Apalagi jika produk yang ditawarkan tergolong langka sehingga harganya mahal. Sebagai contoh terdapat dua jenis sirup ukuran 660 ml dan 550 ml. keduanya memiliki harga yang beda tipis, untuk sirup ukuran 660 diharga Rp.20.500. untuk sirup yang lebih kecil diharga Rp.18.500. menurut anda pembeli cenderung membeli sirup yang mana?. Pasti kebanyakan akan memilih sirup ukuran besar karena perbedaan harga yang terlalu sedikit selisihnya.

Tipuan Waktu

Untuk menarik pembeli tak jarang anda harus memberi “tipuan waktu”. Bisa saja anda memberlakukan harga diskon selama dua hari. Memberikan diskon dengan jangka waktu tertentu akan membuat konsumen untuk segera membeli produk dalam waktu singkat. Strategi ini biasa dilakukan oleh beberapa merchant di Mall.

Gruen Transfer

Istilah ini diambil dari nama seorang arsitek berkebangsaan Austria bernama Victor Gruen. Ia dikenal ahli mendesai pusat perbelanjaan dan karyanya sering diadaptasi oleh arsitek lainnya. Gruen transfer merupakan istilah pengalihan yang membuat konsumen lupa tujuan awal ia berbelanja. Penerapan trik ini bisa melalui display, music atau penataan barang sehingga konsumen berbelanja tanpa ada persiapan rencana sebelumnya.

Jaminan Uang Kembali

Trik selanjutnya ialah menerapkan jaminan uang kembali. Maksudnya bisa saja anda menyatakan akan mengembalikan uang konsumen jika produk yang anda jual tidak asli. Selain mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan ternyata cara ini juga mampu membangun reputasi perusahaan anda serta memberikan rasa aman bagi pelanggan.

Visual

Penampilan visual suatu barang bisa memberikan spekulasi yang berbeda – beda antara satu individu dengan individu lainnya. Jika anda ingin meningkatkan penjualan menggunakan strategi ini tentu anda harus membuat pelanggan merasa penasaran dahulu. Jika anda menawarkan produk makanan tentu harus mengedepankan visual yang menggiurkan.

Ciptakan Kesan Untuk Produk Anda

Ada kalanya produsen menciptakan kesan tersendiri bagi produknya. Tak jarang mereka memasang harga yang tinggi agar menciptakan kesan ekslusif. Kata – kata seperti limited edition juga mampu menjadi alasan mahalnya suatu produk. Beberapa orang memang gemar memiliki produk yang dijual terbatas. Mereka merasa istimewa sebab dapat memiliki produk limited edition.

Manfaatkan Teknologi

Strategi licik yang terakhir ialah dengan mengandalkan teknologi demi menekan biaya oprasional. Hal ini pernah diterapkan oleh Wal Mart salah satu hypermarket yang cukup laris dipasaran. Wal Mart memiliki teknologi computer yang mampu memonitor stok produknya. Alhasil mereka mampu menetapkan berapa jumlah barang yang perlu dibeli sehingga tidak terjadi overstock.

turboly.com