Alat & Teknologi yang Tepat Untuk Membantu Mengurangi Kehilangan Barang

image

Mengalami kehilangan barang yang berharga dan kita cintai tentu merupakan peristiwa yang tidak mengenakkan. Dalam kehidupan sehari-hari peristiwa ini hampir selalu terjadi. Mulai dari kehilangan uang, dompet, HP, bahkan barang-barang berharga kita.

Meskipun anda melacak kembali ke tempat yang anda datangi, tetapi terkadang barang tersebut masih belum ditemukan, entah itu di ambil orang, lupa menaruhnya atau sudah di amankan oleh security. Kuncinya adalah tetap tenang sehingga pencarian tidak bertambah sulit.

Di era modern ini terdapat juga alat dan teknologi yang dapat membantu anda untuk mengurangi kehilangan barang. Berikut beberapa tips nya

1. Memberikan kode di setiap barang anda

Pemberian kode pada tiap barang akan sangat membantu anda ketika melakukan penjualan barang. Selain itu juga membantu mengurangi kehilangan barang apabila barang tersebut terdapat dalam Gudang. Namun, jika barang – barang anda tidak diberikan kode, maka transaksi dan pengecekan barang pun terasa lebih sulit dan dapat mengurangi citra perusahaan.

2. Melakukan pencatatan secara rutin

Pencatatan persediaan secara rutin dilakukan setiap ada barang yang masuk, pindah tempat maupun barang keluar. Anda bisa melakukan stok opname secara berkala dengan menggunakan software inventory barang dan software retail sepeti Turboly Retail Software untuk membantu anda dalam melakukan manajemen stok barang di Gudang.

3. Membuat forecast persediaan

Untuk membuat forecast, pertama yang perlu dilakukan yaitu pengumpulkan data input dan output barang. Langkah selanjutnya membuat forecast atau perkiraan persediaan stok barang berupa berapa jumlah persediaan yang dibutuhkan. Hal ini tentu tidak mudah bila anda memiliki penjualan produk dengan jenis bermacam-macam. Hal tersebut menjadi sulit karena dalam tahap ini anda harus menentukan jumlah per item barang anda.

Perhitungan ini akan menjadi mudah jika bisnis anda menggunakan software inventory barang dan software ERP Retail. Melalui system ini anda bisa membuat manajemen stok secara ringkas dan lengkap, mulai dari pemasokan barang, pengeluaran, pengiriman dan fungsi terkait lainnya yang berkaitan dengan persediaan.

Nah itu tadi beberapa cara dan teknologi yang tepat untuk membantu mengurangi kehilangan barang. Terapkanlah cara dan prosedur penyimpanan, sehingga barang anda tetap aman apabila ditempatkan lama pada Gudang.

turboly.com