Bagaimana teknologi Cloud Computing Mempengaruhi Kehidupan Sehari-hari

image

Kenalkah anda dengan teknologi cloud computing? Teknologi cloud computing ini telah berada dimana-mana, setiap aktivitas yang melibatkan jaringan internet telah mengimplementasikan teknologi cloud computing.

Perlahan kini teknologi cloud computing telah merambah serta mampu mengubah kehidupan sehari-hari kita dalam berbagai hal, dan dipastikan teknologi yang satu ini akan mampu mengubah kehidupan dunia nantinya.

Berikut beberapa pengaruh cloud computing dalam beberapa aspek kehidupan :

Pengaruh Cloud Computing Terhadap Kehidupan Social

Cara komunikasi saat ini telah begitu berbeda dengan sebelumnya, sejak teknologi berbasis cloud telah merambah dalam kehidupan masyarakat tentu kita dapat merasakan berbagai kemudahan dalam komunikasi.

Facebook mungkin sebuah bukti nyata dari kemudahan komunikasi berbasis cloud, melalui facebook setiap orang dapat berbagi mulai dari aktivitas, hingga informasi penting ke khalayak ramai.

Tidak hanya facebook, banyak sekali social media platform yang mampu memudahkan interaksi sesama. Sehingga saat ini bukan hal yang tidak mungkin untuk bertemu dengan teman lama mu, mengumpulkan alumni juga dapat kamu lakukan dengan bantuan social media.

Pengaruh Cloud Computing Terhadap Pendidikan

Tidak sedikit institusi pendidikan yang kini sadar akan keuntungan teknologi cloud, beberapa keuntungan yang dapat dirasakan dengan penerapan teknologi cloud dalam dunia pendidikan seperti Siswa semakin mudah dalam mengakses data. Setiap data yang dibutuhkan dapat diakses dimana dan kapan saja. Atau Sistem belajar tidak lagi terbatas ruang dan waktu, siswa dan guru dapat mulai menerapkan sistem belajar online yang tentunya akan sangat memudahkan bagi kedua belah pihak.

Tidak hanya itu dengan cloud based setiap siswa saat ini sudah mampu melaksanakan sistem ujian secara online, tentu hal ini membuat tingkat akurasi dari hasil ujian lebih terjamin. Selain itu sistem secara online ini dapat memangkas cukup banyak dana dibandingkan dengan sistem ujian secara manual sebelumnya.

Pengaruh Cloud Computing Terhadap Dunia Bisnis

Dunia bisnis juga tidak luput dari pengaruh cloud computing, banyak aspek dalam dunia bisnis telah menerapkan teknologi cloud. Terlihat dimana banyak sekali bermunculan e-commerce yang memudahkan para pelanggan, dan juga beberapa aplikasi pendukung yang juga memberi bantuan bagi para pelaku bisnis dalam membantu mengembangkan bisnis mereka.

Salah satunya seperti aplikasi POS yang sudah berbasis cloud dimana teknologi ini memberikan sejumlah keuntungan seperti, kemudahan dalam transaksi pembayaran, manajemen staff menjadi semakin efisien serta kemudahan dalam mengelola inventory. Software POS Online atau Cloud POS ini juga memberikan akses tanpa batas kepada pemiliknya, tanpa terbatas jarak dan waktu hanya bermodalkan jaringan internet saja.

Pengaruh Cloud Computing Terhadap Dunia Kesehatan

Tidak sedikit rumah sakit kini telah menerapkan teknologi cloud computing, yang tentunya memberikan sejumlah keuntungan. Penerapan teknologi cloud computing di rumah sakit memberikan kemudahan bagi pihak rumah sakit dalam manajemen pasien serta staff.

Kita ketahui jumlah data pasien berjumlah sangat banyak, maka jika disimpan secara cloud tentu akan sangat menghemat ruang.

Kesimpulan

Melihat sejumlah pengaruh cloud computing dalam aspek kehidupan masyarakat diatas dapat disimpulkan kalau cloud computing kedepannya akan memberi pengaruh yang lebih besar lagi dalam kehidupan sehari-hari. Dan semakin kedepan, cloud computing tentu akan semakin dekat dengan kehidupan masyarakat. Serta dapat Dipastikan kedepannya teknologi cloud computing ini akan mampu merubah dunia.

Selain itu teknologi cloud computing tidak bersifat langganan, yang anda dapat mengatur sendiri berapa lama anda ingin berlangganan, hal ini tentu sebuah keuntungan lain yang didapat dengan menerapkan teknologi cloud.

turboly.com