Cara Agar Pelanggan Selalu Ingat dan Kembali ke Toko Anda

image

Dalam dunia bisnis, baik bisnis mikro maupun makro, memiliki pelanggan setia sangatlah penting untuk mendapatkan pemasukan dalam jangka Panjang serta menekan biaya pemasaran. Jika pelanggan menyukai kunjungan ke toko anda, mereka akan berbagi pengalaman dengan orang lain. Promosi secara langsung seperti sales dari mulut ke mulut adalah salah satu cara sukses terbaik untuk merujuk kepada perkembangan bisnis anda.

Selain itu menarik pelanggan juga bisa memanfaatkan social media. Untuk membuat pelanggan nyaman, puas dan selalu berbelanja kembali ke toko anda tidaklah sulit, dibutuhkan suatu usaha yang sungguh-sungguh. Anda juga bisa menggunakan POS Retail pada toko anda untuk proses distribusi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut beberapa cara agar pelanggan selalu ingat dan kembali ke toko anda :

Kenali kebutuhan pelanggan

Apa saja sebenarnya barang yang dibutuhkan oleh pelanggan anda? Untuk memecahkan situasi tersebut, anda dapat menanyakan secara langsung dalam suasana yang santai agar pelanggan tidak merasa seperti diinterogasi, mendengarkan curhat pelanggan mengenai kualitas yang mereka inginkan dari bisnis anda

Berikan bonus pada pelanggan

Umumnya para pelanggan akan merasa senang jika mereka mendapatkan bonus maupun saat berbelanja. Anda harus senantiasa berpikir dan mengembangkan system bonus kepada pelanggan secara kreatif. Misalkan, belanja lima kali akan mendapatkan bonus minyak goreng, dsb. Sehingga mereka akan kembali dan kembali lagi untuk mendapatkan bonus tersebut.

Bangun komunikasi secara teratur dengan pelanggan anda

Hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan akan membuat pelanggan menyukai kunjungan ke toko anda. Komunikasi bisa secara langsung maupun melalui social media atau bahkan melalui telepon langsung. Selain itu gunakan Bahasa yang mudah dipahami oleh pelanggan

Berani tampil beda

Mungkin saja pesaing bisnis anda menawarkan produk dan layanan tertentu. Namun jangan sekedar ikut-ikutan. Anda perlu menciptakan sesuatu yang bisa membedakan toko anda dengan yang lain misalkan pada toko anda terdapat software inventory barang, software retail online untuk membedakan dan mempermudah pelanggan mencari produk yang mereka inginkan.

Nah, itu tadi beberapa tips cara agar pelanggan selalu ingat dan kembali ke toko anda. Jika anda setia menabur kenyamanan kepada pelanggan anda, maka suatu saat akan menuai kesetiaan pelanggan pula.