Menjaga Stock Tetap Aman Menjelang Musim Liburan

image

Menjelang musim liburan tiba, banyak orang yang sudah merencanakan destinasi liburannya. Entah itu liburan ke pantai, mendaki gunung, hingga traveling ke tempat wisata yang ada di pelosok Nusantara maupun Mancanegara. Liburan Bersama keluarga, teman, kerabat maupun pasangan memang menjadi momen terindah yang jarang sekali kita lakukan.

Meskipun musim liburan sangat menyenangkan karena bisa meluangkan waktu bersama dengan orang terdekat kita, namun liburan juga dapat membuat dompet kita menjadi cepat habis jika kita tidak pandai mengatur pengeluaran untuk musim liburan. Jangan sampai kita lupa diri dan lepas kendali dalam masalah keamanan finansial. Berikut beberapa tips dan trik cara mengatur keuangan menjelang liburan

1. Sisihkan uang jauh hari sebelum musim liburan tiba

Alangkah baiknya sebelum musim liburan tiba, minimal 3 sampai 6 bulan sebelumnya kita sudah menyisihkan dan mempersiapkan keuangan dan kebutuhan untuk pergi berlibur. Jika musim liburan telah tiba, kita tidak repot lagi mencari dana kemana-mana. Jangan sampai pengeluaran tiap bulan kita, kacau gara-gara liburan yang mendadak.

2. Tentukan tujuan destinasi liburan anda terlebih dahulu

Rencanakan tujuan wisata yang akan kalian tuju terlebih dahulu. Cari referensi dari teman, kerabat maupun melalui media. Jangan sampai anda pergi berlibur tanpa tahu rencana tujuan kemana.

3. Carilah tiket perjalanan dan penginapan sesuai budget dompet anda

Lakukan perencanaan pembelian tiket transportasi lebih awal, karena biasanya terdapat maskapai penenrbangan ataupun transportasi lainnya yang memberikan harga promo tiket lebih awal. Anda dapat mengatur persediaan barang dan transportasi menggunakan software inventory barang atau menggunakan software inventory Indonesia.

Tapi perlu diingat juga tentang prosedur penjadwalan ulang secara detail agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena banyak sekali jasa transportasi yang memberikan harga diskon namun tidak memberikan toleransi ketika ada pembatalan ataupun perubahan jadwal. Perencanaan sebelum berlibur sangatlah penting, jangan sampai anda beserta keluarga anda jatuh sakit akibat kelelahan saat perjalanan

4. Utamakan kenyamanan daripada kemewahan

Utamakan kenyamanan anda, baik dalam memilih transportasi, lokasi tujuan, maupun pemandu wisata. Jika anda berhemat saat liburan, lupakan liburan kemewahan. Namun, jangan sampai karena anda sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Apabila liburan anda nyaman, semua pasti akan senang karena tujuan utama dari berlibur merupakan untuk refreshing dan meluangkan waktu bersama keluarga.

turboly.com