Perkembangan Poins Of Sale System dari Masa ke Masa

image

Apa itu POS Sistem?

Pada dasarnya POS sistem berfungsi sebagai mesin kasir yang mencatat setiap traksaksi di sebuah bisnis retail. Namun seiring dengan kemajuan teknologi POS Sistem tidak hanya dapat berfungsi sebagai mesin kasir semata. Dewasa ini kebanyakan POS Sistem telah mampu menghandle segalanya, dimulai dari penjualan, inventori, hingga customer management dan ecommerce.

Namun Jauh sebelum kemajuan teknologi datang, POS belumlah selengkap hari ini, dulunya POS hanya berupa kotak kasir dimana setiap transaksi harus ditulis secara manual.

Berikut ulasan singkat mengenai perkembangan POS :

Tahun 1800

Pada tahun ini belum ada sebuah sistem khusus untuk mencatat setiap traksaksi penjualan di setiap toko, kebanyakan toko masih menggunakan cara yang sangat tradisional dimana uang dismpan dalam sebuah kotak, dan untuk traksaksi penjualan dicatat di kertas secara manual. Masih sangat manual bukan?

Tahun 1879

Di tahun ini sebuah mesin kasir ditemukan, awalnya digagas oleh seorang bernama James Ritty. Seorang pedagang whiski, wine dan cigaret. Beberapa waktu setelah itu Ritty mempatenkan mesin temuannya, lalu dijual ke seorang salesman bernama Jacob H. Eckert pemilik perusahaan National Manufacturing Company, yang oleh Eckert dijual kembali ke John H. Patterson pemilik toko batu bara. Setelai akuisisi perusahaan berubah nama menjadi National Cash Register.

Tahun 1900

Di tahun 1906 terjadi sebuah gerakan besar oleh NCR oleh snag inventor Charles F. Kattering yang menemukan mesin kasir yang dapat bekerja dengan listrik. Mesin temuannya ini bekerja lebih baik dan cepat dibandingkan dengan mesin yang sebelumnya.

Beberapa dekade kemudian, banyak sekali perkembangan yang terjadi pada mesin kasir, dan NCR mendapatkan banyak sekali keuntungan dari penjualan mesin. Hingga pada pertengan era 1900 mesin kasir menjadi bahan pokok dari berbagai retail store.

Tahun 1970

Melewati pertengahan era 1900, pada tahun 1970 cash register telah terkomputerisasi. Dan dalam tahun ini pula mesin credit card serta teknologi touchscreen mulai diperkenalkan ke masyarakat. Bergerak maju ke 1980 hingga 1990 dunia retail mulai mengenal mesin kasir elektroni, barcode scanner, Point Of Sale System berbasis komputer hingga, credit card devices.

Tahun 2000

Banyak sekali perkembangan cash register yang terjadi era 2000, beberapa diantaranya ialah :

POS System Go Mobile

Kemajuan terbesar terlihat ditahun 2014 dimana POS berbasis mobile telah muncul ke permukaan. Banyak sekali retailer didunia mulai beralih ke mPOS dan menganggap sebagai slaah satu teknologi yang terpenting untuk pelanggan. Dengan POS berbasis mobile penjual dapat menggantikan posisi komputer dengan sebuah tablet, yang tidak hanya memberikan tampilan cantik, namun juga ikut menambah shopping experience kapada pelanggan.

Dari POS ke Retail Management

Yang awalnya POS Sistem hanya diperuntukkan sebagai mesin kasir, namun di era sekarang ini POS sudah merangkap sebagai retail management yang mampu menghandle segala hal. Tentu kemajuan besar ini memberikan sejumlah kemudahan bagi para retailer, dimana mereka hanya butuh sebuah sistem untuk mengelola seluruh management retailnya.

Kesimpulan

Perkembangan POS Sistem tidak akan berhenti disini, kedepannya tentu akan ada kemajuan lainnya dari POS Sistem. Sejumlah perkembangan yang tentunya memberikan kemudahan bagi retailer dan juga pelanggan dalam hal transasksi atau pembayaran. Untuk para retailer, sebaiknya terus memantau kemajuan yang terjadi dalam dunia retail agar tidak ketinggalan. Pemanfaatan teknologi dalam bisnis retail saat ini dapat memberikan dampak yang besar, baik dalam hal meningkatan pelayanan hingga profit bisnis.

turboly.com