Strategi Diskon Jelang Akhir Tahun

image

Di Indonesia momen akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk menjual produk secara besar-besaran. Hal tersebut dilakukan guna menarik daya beli konsumen. Bagi para pebisnis, tren ini tentu sangat menguntungkan. Peluang anda untuk menjadi pebisnis menjadi lebih besar mengingat kebutuhan konsumen yang juga semakin meningkat.

Kata E-commerce sering kita dengar dimana-mana. E-commerce adalah transaksi jual-beli baik produk atau jasa yang di lakukan secara online. Semakin besar peluang bisnis yang ada tentunya membuat pesaing semakin ketat pula dan akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce. Apa saja strategi diskonyang perlu dilakukan menjelang akhir tahun? Cek beberapa strategi diskon berikut yang dapat anda dilakukan

Coba presentase diskon

Menawarkan diskon berdasarkan presentase tertentu adalah salah satu yang paling popular untuk memberikan insentif pembelian. Presentase yang anda pilih benar-benar tergantung pada seberapa banyak anda ingin mengarahkan penjualan. Misalkan anda menawarkan diskon kecil dari 5-10% untuk produk yang baru dan terpopuler.

Di sisi lain, anda bisa menawarkan diskon besar-besaran untuk menghabiskan stok lama yang hanya memenuhi ruang penyimpanan pada diskon akhir tahun. Dalam kasus seperti ini, mungkin lebih efisien untuk menghabiskan produk-produk lama, bisa juga dengan menggunakan software inventory barang.

Buat dan promosikan event berbasis diskon

Anda tahu betapa pentingnya memikirkan cara untuk mempertahankan minat pelanggan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat event khusus berbasis diskon untuk customer. Ini bisa menjadi efek yang dapat membuat customer anda selalu menunggu produk apa yang anda tawarkan pada produk selanjutnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan misalkan event akhir tahun, hari-hari special, dsb.

Jual secara paket

Menjual barang secara paket atau product bundling merupakan cara yang sederhana namun memberikan efek yang luar biasa bagi customer. Selain dari sisi harga yang menarik, menjual secara paket atau product bundling ujuan penjualan melalui bundling tersebut adalah untuk meningkatkan penjualan produk dengan memberikan kemudahan prosedur pembelian, penghematan waktu, harga yang relatif lebih murah, serta nilai tambah yang lebih besar kepada konsumen.

Coba gratis biaya pengiriman

Kita ketahui, banyak customer yang meninggalkan keranjang belanja mereka salah satu penyebabnya adalah ketika pada halaman pembayaran, mereka mendapati bahwa biaya pengiriman barang mereka hamper sama bahkan lebih besar daripada harga produk yang mereka beli. Dengan memberikan penawaran diskon ongkir mungkin dapat mendorong customer untuk membeli produk anda secara besar-besaran.

Hal-hal tersebut dapat dimanfaatkan para pebisnis perusahaan dalam menentukan cara agar pelanggan semakin tertarik terhadap produk anda. Anda bisa mengontrol persediaan, penjualan, pembelian dan pengiriman dengan menggunakan software retail untuk membantu mengontrol bisnis anda.

turboly.com