Mengapa Wholesaler Harus Beralih Ke Cloud ERP

image

Berdasarkan laporan aliansi bisnis US-ASEAN tahun 2015, bisnis UMKM tumbuh pesat di negara-negara anggota ASEAN hingga 96%. Saat ini kawasan Asia Tenggara menjadi pasar paling menjanjikan bagi bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jumlah konsumen yang mencapai 67 juta.

Jika ingin memaksimalkan hasil penjualan bisnis Anda, mulailah untuk membuka bisnis di kawasan Asia Tenggara. Namun tahukah Anda, teknologi bisa membuat bisnis berjalan lebih efisien sekaligus mampu mengantarkan bisnis selangkah lebih maju?

Alat manual seperti pembukuan dan spreadsheet tradisional kini sudah mulai ditinggalkan oleh para pelaku bisnis, terutama pelaku UMKM. Seiring berjalannya waktu, pelaku UMKM mulai mengenal dan memanfaatkan tools dengan solusi Enterprise Resource Planning (ERP).

ERP merupakan sistem aplikasi di sebuah platform tertentu yang dijalankan dengan data terpusat (client-server). Misalnya melalui perantara sebuah browser.

Pelaku UMKM disarankan memanfaatkan sistem cloud dari ERP untuk membangun infrastruktur dan menjaga layanan agar tetap berjalan dengan baik. Sistem cloud ERP juga menawarkan kemudahan untuk meng-upgrade modul ataupun jumlah user.

Kini pelaku UMKM tidak perlu merasa khawatir bisnis mereka mengalami kemandekan karena sistem ERP tidak berjalan atau down. Sebab, pelaku UMKM bisa menerapkan sistem pay as you use. Investasi jadi lebih efisien karena tidak ada penurunan nilai pada aset (pelaku UMKM membeli servis bukan aset).

Faktanya, solusi cloud ERP memiliki manfaat yang nyata dan berfokus pada efisiensi biaya operasional perusahaan. Selain menekan biaya operasional, pelaku bisnis juga mendapatkan fakta lain bila solusi cloud ERP menawarkan sistem keamanan yang lebih baik.

Jika ingin mengetahui peran cloud ERP bagi pelaku UKM, Anda bisa melihat kesuksesan PT. Gajah Tunggal. Sebagai salah satu produsen ban motor terbesar di dunia, PT. Gajah Tunggal juga mengadopsi solusi cloud ERP Retail dari Turboly untuk menghasilkan laporan mengenai transaksi penjualan ban motor di outlet - outlet mereka.

Ada tiga alasan yang mendorong pelaku bisnis untuk beralih ke solusi cloud ERP. Pertama, cloud dapat disesuaikan sesuai kebutuhan setiap saat. Hal itu memungkinkan pengguna untuk mengelola dan membuat sistem perusahaan berjalan dengan lebih cepat.

Kedua, memungkinkan pelaku UMKM untuk menyesuaikan sumber daya yang dibutuhkan dengan sistem yang digunakan. Ketiga, solusi cloud ERP bisa digunakan sesuai dengan apa yang pelaku UMKM gunakan. Dewasa ini, para pelaku bisnis khususnya Wholesaler harus mulai mempertimbangkan untuk memperbaiki sistem dengan memanfaatkan cloud erp. Mengapa demikian ? Hal ini dikarenkan ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh para pelaku wholesaler jika menggunakan sistem ini. Berdasarkan laporan aliansi bisnis US-ASEAN pada tahun 2015 yang dikutip oleh lama detik.com. Dijelaskan bahwa UMKM tumbuh pesat di negara - negara ASEAN hingga mencapai 96%. Dari angka tersebut, didapatkan bahwa kawasan Asia Tenggara merupakan target pasar paling menjanjikan dengan jumlah konsumen mencapai 67 juta. Sehingga apabila Anda menginginkan bisnis Anda selangkah lebih maju, maka alat manual seperti pembukuan dan spreadsheet tradisional kurang efektif bagi para pelaku bisnis dan harus mulai beralih ke Cloud Erp. Adapun alasan dibalik hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Sistem Cloud Erp Dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengelolaan dan membuat sistem perusahaan berjalan dengan lebih baik, efisien, dan cepat.

2. Menyesuaikan Sumber Daya

Dengan menggunakan sistem Cloud Erp, Anda dapat menyesuaikan sumber daya yang dibutuhkan dengan sistem yang digunakan. Tidak perlu lagi sistem administrasi pembukuan manual yang justru mempersulit. Dengan menggunakan sistem Cloud Erp, data laporan transaksi dapat dilihat secara real time dan online. Sehingga dengan begitu, Anda bisa memangkas sumber daya untuk efektifitas.

3. Investasi Di Bidang Teknologi

Cloud Erp dapat dibilang sebagai investasi di bidang teknologi, bagaimana tidak. Sistem ini mendukung sistem transaksi secara online, laporan real time dan online, serta mendukung berbagai kebutuhan lainya yang dapat disesuaikan dengan usaha para wholesaler.

Namun hal yang wajib diperhatikan sebelum beralih ke Cloud Erp adalah Anda wajib mengevaluasi dengan cermat kebutuhan bisnis Anda. Hal ini dilakukan agar teknologi yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Agar bisnis Anda dapat terus berkembang dan segala macam kekurangan dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi. Sehingga benarlah jika Cloud Erp merupakan investasi terbaik di bidang teknologi bagi para pelaku bisnis.

turboly.com