Keuntungan Mengikuti Pameran atau Bazaar Untuk Meningkatkan Profit

image

Pameran adalah suatu kegiatan karya seni yang diselenggarakan guna menunjukkan sebuah karya seni kepada masyarakat luas. Sedangkan bazaar sendiri adalah sebuah wilayah perdangangan yang diselenggarakan secara singkat pada suatu acara. Biasanya bazaar ini dibuat dalam stan stan dimana para penjual dapat menjajakan produknya. bazaar dan Pameran dinilai sangat efektif dalam meningkatkan profit bagi para pelaku bisnis. Hal ini terkait dengan banyaknya orang yang mengunjungi sebuah pameran atau bazaar yang memungkinkan penjualan produk menjadi lebih efektif. Selain itu, berikut adalah keuntungan - keuntungan mengikuti pameran atau bazaar guna meningkatkan profit.

1. Mendapatkan Calon Pembeli

Dengan mendatangi bazaar dan pameran, Anda dapat mengenalkan produk Anda kepada pengunjung pameran atau bazaar. Meski bazaar atau pameran biasanya berlangsung beberapa hari saja, namun hal ini sudah cukup untuk melebarkan sayap bisnis Anda. Dengan mengikuti bazaar dan pameran pun produk Anda dapat dikenal secara luas. Termasuk menambah pelanggan baru.

2. Menghasilkan Transaksi Selama Pameran dan bazaar

Selama bazaar dan pameran anda dapat mencoba untuk memaksimalkan jumlah transaksi penjualan dengan berbagai cara. Dengan metode yang tepat, Anda dapat meningkatkan jumlah transaksi hingga berkali - kali lipat melebihi biasanya. Anda bisa mencoba dengan memberikan diskon, kupon hadiah, bonus, atau berbagai cara lainya. Jangan lupa mendesain stan sebaik dan semenarik mungkin agar pengunjung melirik stand Anda serta menggunakan POS retail / sistem POS agar lebih meudahkan dalam mencatat transaksi.

3. Meningkatkan Image dan Visibilitas

Seperti namanya, Pameran dan bazaar merupakan ajang dimana berbagai produk baru atau inovasi baru dipamerkan. Hal ini tentu menarik banyak orang untuk melihat dan mengunjungi pameran tersebut. Hal ini juga merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk menciptakan image atau branding produk Anda. Semakin dikenal produk Anda, maka semakin mudah Anda dalam melebarkan sayap penjualan. Sebisa mungkin produk Anda menancap di benak customer agar terjadi repeat order dikemudian hari.

4. Memperbaiki Efektifitas dan Efisiensi Penjualan Anda

Saat sedang mengikuti pameran, Anda ibarat seorang nelayan yang menebar jala. Dimana pengunjung yang mengunjungi stand Anda adalah ikan yang tertangkap di dalam jaring. Sehingga manfaatkan dengan baik. Anda dapat menjual produk sekaligus mensurvey sejauh apa efektifitas Anda dalam maketing bisnis Anda selama ini. Hal ini juga akan mendorong inovasi - inovasi baru pada produk Anda.

5. Memviralkan Produk Anda

Dengan mengikuti bazaar atau pameran. Produk Anda berkesempatan menjadi viral. Hal ini tentu dibantu dengan banyaknya audiens yang ada pada pameran maupun bazaar tersebut. Lakukan kontak dengan customer misalnya, Anda membuat background yang unik agar pengunjung Anda dapat berfoto dan menguploadnya di Instagram, atau memberikan promosi khusus dengan catatan harus upload ke instagram. Hal ini akan membuat usaha anda menjadi viral dan dikenal luas.

turboly.com