Untuk Wholesaler, Cara Menemukan Retailer Yang Tepat

image

Wholesaler merupakan badan usaha yang membeli sebuah produk dari produsen untuk dijual kembali dalam jumlah besar kepada retailer. Retailer sendiri merupakan pihal yang menjual barang kepada pembeli individu seperti supermarket ataupun departemen store.

Jika digolongkan berdasarkan golongan jenis pedagang maka bisa dikatakan wholesaler termasuk pedagang besar dan retailer adalah pedagang kecil. Retailer ini juga masih punya beragam jenis yang diklasifikasikan berdasarkan jajaran produknya.

Keuntungan Menjadi Wholesaler

Bisnis wholesaler tidak bisa anda pandang sebelah mata sebab jika anda jeli maka keuntungan berlipat – lipat bisa saja anda kantongi. Beberapa keuntungan jika anda menjadi wholesaler diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Jaringan Kerja luas. Keuntungan pertama menjadi wholesaler ialah jaringan kerja yang amat luas. Sebagai seorang distributor memiliki koneksi yang luas akan mendukung bisnis anda di masa sekarang hingga masa depan.

2. Keuntungan Bisa Maksimal. Enaknya menjadi wholesaler adalah keuntungan anda bisa dimaksimalkan sebab anda membeli barang dalam jumlah besar dari produsennya langsung baru menjual ke pihak lainnya. Produsen biasanya juga memberikan potongan harga untuk barang tertentu sehingga keuntungan bisa dimaksimalkan.

3. Minim Resiko. Resiko dari bisnis ini lumayan kecil asal jika anda memiliki modal yang besar. Hal ini dikarenakan anda tak perlu pusing untuk membuat produk dan jika barang rusak bisa minta retur kepada produsen.

Tips Menentukan Retailer Yang Tepat

Sebagai seorang wholesaler maka penting bagi anda untuk memilih retailer yang tepat. Asal dalam memilih partner kerja bisa berdampak pada penjualan produk yang anda tawarkan serta modal kerja yang digunakan. Untuk itulah berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih retailer bagi wholesaler:

a. Harus Jelas. Dalam memilih retailer haruslah jelas asal usulnya, maksudnya ialah retailer anda memiliki alamat yang jelas dan izin yang memadai untuk kegiatan bisnis anda.

b. Memiliki Target Pasar. Keberhasilan retailer juga berpengaruh tidak langsung bagi penjualan anda. Untuk itu memilih retailer yang memiliki target pasar yang jelas sangat disarankan. Tak ada salahnya jika sesekali anda mengunjungi tempat usaha retailer untuk melihat toko ritelnya cukup diminati pasar atau tidak.

c. Memiliki Reputasi Yang Baik. Dalam memilih retailer pastikan pula mereka memiliki reputasi yang baik dimata konsumennya. Jika retailer tersebut sudah memiliki brand name sendiri malah lebih bagus jika anda ajak untuk bekerja sama.

d. Pelayanan Yang Optimal. Terakhir pilihlah retailer yang memiliki pelayanan optimal seperti jika anda hubungi mereka dengan sigap melayani kebutuhan anda baik berupa keluhan maupun pertanyaan.

Selain retailer untuk menjadi wholesaler yang sukses anda juga harus mempertimbangkan penyimpanan barang anda di gudang dan pengangkutannya. Salah dalam penyimpanan akan membuat produk cacat sebelum dijual sedangkan transportasi menjadi poin penting untuk menjaga agar produk anda tak terlambat diterima retailer. Juga perlu dipertimbangkan untuk sharing mengenai kebutuhan sistem pos retail pada retailer, agar dari sisi retailer & wholesaler dapat saling bertukar informasi mengenai penjualan dan trend.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam memilih retailer.

turboly.com