Strategi Meningkatkan Profit Melalui Voucher (Bag.1)

image

Dalam mendapatkan profit tinggi beragam strategi terus diterapkan untuk menaikan penjualan. Terlebih dengan ketatnya persaingan saat ini menuntut anda semakin kreatif dalam mempromosikan produk. Salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan ialah melalui pemberian voucher kepada pelanggan. Cara ini terbukti efektif terbukti dengan semakin banyaknya marketplace yang memberikan voucher guna menggaet konsumen baru. Bagi anda yang belum tahu seluk beluk terkait voucher ini simak dulu yuk penjelasan berikut ini:

Apa Itu Voucher ?

Voucher merupakan kupon yang diberikan seller kepada calon pelanggan maupun konsumen tetapnya untuk mendapatkan potongan dalam berbelanja atau bahkan shopping gratis. Tentu saja untuk mendapatkan voucher ini anda akan dikenakan beberapa syarat. Bentuk voucher ini terdiri dari dua jenis yakni dalam bentuk kertas yang fisiknya bisa anda lihat dan rasakan serta bentuk kedua yakni dalam bentuk digital.

Manfaat Voucher Dari Segi Pelanggan dan Penjual

Tak selamanya kegiatan promosi harus dalam bentuk iklan TV atau radio. Anda juga bisa menarik pelanggan dengan cara pemberian voucher. Penjual apalagi toko online biasa memberikan voucher bagi pelanggan baru yang mau bergabung menjadi membernya atau sebagai subscriber yang rutin menerima newsletter. Voucher juga biasa diberikan untuk event tertentu seperti anniversary atau kompetisi.

Keuntungan Voucher Bagi Pelanggan :

1. Penghematan. Adanya voucher belanja ini tentu akan mampu menghemat biaya berbelanja pelanggan itu sendiri.

2. Mendapatkan Informasi Up To Date. Anda yang sebagai konsumen dengan voucher belanja bisa jadi mendapatkan informasi terupdate atau mampu menjadi yang pertama mencoba produk baru dari pihak seller.

3. Tak Direpotkan Bertransaksi. Dengan menggunakan voucher anda juga lebih mudah bertransaksi sebab tidak menggunakan uang fisik.

Keuntungan Voucher Bagi Penjual:

a. Voucher ini juga membawa keberuntungan dipihak penjual lo! Mau tahu keuntungan apa saja yang bisa anda dapatkan melalui voucher ini? b. Menjaring Konsumen Baru. Tak bisa dipungkiri untuk merekrut pelanggan baru bukanlah perkara mudah walau anda sudah punya brand name sekalipun. Pemberian voucher merupakan suatu langkah sederhana untuk merekrut konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan setia anda. c. Menghemat Biaya Promosi. Dengan menggunakan voucher selain dapat merekrut pelanggan baru anda juga bisa menghemat biaya promosi. Apalagi saat ini voucher digital lebih popular ketimbang voucher pada majalah. d. Kesempatan Untuk Promosi Produk Baru. Penggunaan voucher bisa juga dijadikan senjata untuk mempromosikan produk baru kepada pelanggan anda. e. Peningkatan Penjualan. Langkah ini juga bisa dijadikan batu loncatan untuk meningkatkan penjualan dimasa depan. Adanya peningkatan penjualan juga mampu menaikkan profit anda sendiri, bukan! f. Menghabiskan Stock Gudang. Dengan memakai voucher anda juga berkesempatan untuk menghabiskan produk yang sudah lama tersimpan di gudang. Penggunaan voucher bisa difokuskan ke produk – produk yang memiliki stock banyak agar tidak overstock nantinya.

Membuat voucher pun cukup mudah, cukup menggunakan fitur yang ada pada Software POS atau POS Retail para seller dapat membuat berbagai macam voucher sesuai kreatifitasnya. Dan tentunya jika membuat voucher dari Software POS atau POS Retail kode voucher akan otomatis terbentuk dan langsung bisa digunakan tanpa perlu repost data voucher yang sudah dibuat.

Bagaimana berniat menggunakan voucher untuk bisnis anda? Kapan lagi belanja murah dan laris manis tanpa ribet promosi kalau tidak dengan voucher belanja ini.

turboly.com