11 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Retailer

image

Membuat hubungan antara toko cabang dan kantor merupakan tantangan yang banyak retailer hadapi, baik itu untuk skala perusahaan kecil atau besar sekalipun. Sebuah studi tentang manajemen Retail mengungkapkan bahwa hampir setengah dari toko cabang yang disurvey masih menggunakan Sistem POS yang konvesional atau bahkan masih manual menggunakan excel untuk melakukan pekerjaan mereka. Menggunakan system/ software POS yang lebih baik untuk mendukung operasional toko adalah perhatian utama retailer yang disurvei dalam penelitian ini.

Mayoritas retailer berfokus pada efisiensi dan produktivitas di toko-toko, tanpa melihat bagaimana cara agar karyawan menjauh dari hal-hal yang bukan pekerjaannya misalnya berkutat dengan pembuatan laporan, dsb. Banyak hal yang bisa para retailer lakukan untuk secara langsung, dibandingkan hanya membaca laporan, termasuk:

  1. Luangkan waktu untuk menyelidiki dan mencari solusi permasalahan, bukan hanya menerima data.

  2. Tentukan target perusahaan dan kunci suksesnya, seperti cash flow dan produktivitas, dan ukurlah hasil secara luas.

  3. Identifikasi kinerja tim anda. Jika bawah standar, berikan pelatihan dan berikan penghargaan atas kinerja yang sangat baik.

  4. Tempatkan orang yang tepat pada posisi penting.

  5. Pelajari dan review tren negatif yang terjadi dalam perusahaan secara keseluruhan, jangan hanya fokus pada satu masalah.

  6. Mengembangkan, mengkaji ulang atau merevisi prosedur / kebijakan agar selalu sesuai dengan perkembangan jaman.

  7. Menghadiri pameran untuk meneliti produk baru atau tren pasar.

  8. Selalu mengimplementasikan teknologi baru.

  9. Kembangkan pelatihan internal, membuat manual atau video pelatihan. Jika perlu undang pakar untuk memotivasi karyawan untuk meningkatkan semangat dan produktivitasnya.

  10. Kunjungi toko yang produktivitas dan kinerjanya rendah. Analisa permasalahan dan diskusikan solusinya.

  11. Susun perencanaan budget jangka panjang.

Sebagian besar mungkin telah dilakukan oleh para retailer. Namun yang paling penting, dengan konsisten menerapkan hal diatas akan membantu untuk lebih berkembang dan memenangkan persaingan dengan para kompetitor.

turboly.com