3 Kunci Mendorong Inovasi Dalam Usaha Ritel

image

Memasuki tahun 2018 ini persaingan dalam bisnis menjadi sangat ketat. Ada banyak tekanan baik dari sisi ekternal maupun internal. Sehingga inovasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Jika tidak, maka perusahaan akan masuk dalam fase kritis.

Setidaknya ada 3 kunci untuk mendorong inovasi dalam usaha retail untuk mencapai kesuksesan :

Data Analisis Customer

Data analisis customer sangat penting untuk mendorong sebuah inovasi dalam usaha ritel. Pencarian data ini dapat dilakukan dengan membuat sebuah survey atau sharing langsung dengan pembeli.

Hal ini guna mendapatkan ide ide baru dan menarik. Ide ide dari customer dapat Anda tampung dan pertimbangkan untuk membuat sebuah inovasi. Dengan begitu Anda tidak bingung mencari inovasi apa yang baik untuk produk Anda. Untuk mendapatkan data yang akurat, anda dapat memaksimalkan sistem retail/ cloud pos yang anda gunakan, dalam sistem biasanya akan meyimpan data history customer dan bahkan memiliki fitur Customer Relationship Management

Penentuan Lokasi

Dalam membuat sebuah inovasi maka Anda butuh menentukan lokasi. Hal ini berpengaruh terhadap inovasi yang sesuai dengan lokasi pemasaran Anda. Setiap lokasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Dengan menentukan lokasi target pemasaran, Anda akan dapat menemukan inovasi apa yang sesuai di lokasi tersebut.

Penerapan Omnichanel

Dalam menjalankan bisnis ada banyak strategi yang wajib diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan model penjualan yang dapat anda aplikasikan. Dewasa ini, para pelaku bisnis tengah menerapkan sebuah metode yang disebut ritel Omnichannel. Metode ini adalah saat pelanggan dapat menggunakan lebih dari satu chanel untuk mendapatkan barang yang Anda jual. Tidak hanya melalui toko fisik saja, melainkan pembelian dapat dilakukan dengan e-Commerce atau internet, Mobile, Social Commerce dan lainnya. Hal ini dilakukan selain untuk mendongkrak pendapatan juga dapat meningkatkan inovasi, terlepas dari chanel penjualan itu sendiri.

Perbedaan multichannel dan omnichannel terletak pada bagaimana proses channeling penjualan produk tersebut. Pada metode Omnichannel, seluruh metode penjualan saling terhubung satu sama lain. Antara e-Commerce, toko fisik, sosial media, dan berbagai strategi penjualan saling terhubung satu sama lain, namun apabila multi channel tidak. Penggunaan multichannel akan membuat anda memiliki data penjualan yang lebih optimal yang dapat mendorong Anda untuk terus berinovasi.

turboly.com