Keuntungan menggunakan Sistem POS berbasis Web

image

Dalam dunia bisnis, POS atau Point Of Sale adalah hal yang tak asing lagi. POS dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang biasa digunakan pada penjualan retail seperti cafe atau restoran. Biasanya sistem POS ini ditanam dalam sebuah perangkat komputer dan mesin kasir.

Namun dengan semakin berkembangnya zaman, sistem pos pada komputer perlahan bergeser dan digantikan smartphone yang dikoneksikan dengan wifi karna dirasa lebih simple, sederhana, dan mudah. Namun tahukah Anda, Ada beberapa keuntungan menggunakan sistem POS berbasis Web dibandingkan dengan POS berbasis App.

1. Mudah di perbaharui

Sangat berbeda dengan aplikasi POS berbasis desktop yang ketika ada pembaharuan (update), pengguna diharuskan untuk mendownload dan menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi POS berbasis web hanya perlu di-update di satu tempat yaitu di server dan kemudian setiap user akan mendapatkan update yang sama.

Cara ini akan menghemat banyak waktu serta biaya. Apalagi jika harus memperbaharui aplikasi tersebut setiap bulan, maka bisa dibayangkan biaya dan waktu yang biasa dihemat.

2. Kemudahan melakukan akses informasi atau laporan

Dengan aplikasi POS berbasis Web, Sebagai owner anda akan dapat melihat laporan secara online dan real time pada website. Laporan ini dapat ditampilkan dalam sebuah grafik sehingga anda akan mendapat kemudahan dalam proses pengecekan laporan dengan bermacam-macam perangkat.

3. Setup server yang lebih mudah

Aplikasi berbasis desktop sifatnya terdistribusi sehingga apabila ada update (pembaharuan), maka harus dilakukan secara manual satu per satu. Sangat berbeda dengan aplikasi berbasis web yang menggunakan web programing language yang aplikasinya bersifat terpusat. Sehingga setiap perubahan kode program untuk aplikasi bisa dilakukan di satu server saja.

Apabila beban yang akan diberikan lebih besar, kita tidak perlu repot-repot memperbesar atau memperbaharui perangkat yang mengaksesnya, melainkan kita hanya perlu meningkatkan kemampuan server saja.

4. Mempersingkat Waktu Penyampaian informasi

Apabila perusahaan memiliki informasi tertentu yang ingin dibagikan kepada user dimanapun lokasinya, maka hanya dengan memberikan update di server, semua user akan segera mendapatkan informasi tersebut dimanapun dan kapanpun.

Sebagai contoh dalam usaha retail, ketika ada promo harga yang ditetapkan oleh kantor pusat, maka proses setup harga promo hanya perlu dilakukan di server. Secara otomatis outlet/ toko di cabang akan mendapatkan hasil informasi yang sama.

5. Lebih murah dan powerfull

Ketika Anda menggunakan aplikasi/ software POS berbasis desktop, maka Anda harus mempertimbangkan kekuatan hardware yang menjalankannya. Pembaharuan menyebabkan aplikasi tersebut menuntut perbaikan atau peningkatan kemampuan hardware.

Tentu saja hal tersebut akan memakan biaya yang sangat besar. Berbanding terbalik dengan penggunaan aplikasi POS berbasis web yang cenderung bisa digunakan oleh hampir semua perangkat yang menyertakan browser. Hal tersebut karena aplikasi berbasis web cenderung jauh lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop.

6. Happy Platform

Tidak hanya bisa diakses melalui PC atau laptop, aplikasi POS berbasis web cenderung lebih fleksibel sehingga bisa diakses melalui berbagai macam perangkat dan berbagai macam sistem operasi. Web aplication bisa diakses melalui smartphone atau tablet dan yang lainnya termasuk juga smartwatch. Tidak peduli apakah pengguna menggunakan perangkat berbasis Windows, Linux, iOS, Mac OS, Blackbarry, Android, atau yang lainnya.

7. Lebih Aman

Dalam sebuah survei ditemukan bahwa perangkat lunak berbasis desktop cenderung jarang di-update sehingga rentan terhadap berbagai masalah dan keamanan. Contoh, jika sebuah perangkat terkena virus, maka bisa jadi aplikasi (desktop) akan terpengaruh juga. Berbeda dengan aplikasi berbasis web yang tersimpan di server, yang jika terdapat bug atau lubang keamanan akan lebih mudah diperbaiki dan ditambal hanya dari satu tempat.

turboly.com