POS Hardware Yang Wajib Dimiliki Oleh Retailer

image

Point of sales adalah sistem dibutuhkan oleh para retailer untuk mencatat transaksi penjualan dan pembayaran customer. Saat ini berbagai pilihan POS Sistem tersedia untuk kebutuhan kebutuhan para retailer. POS system berkembang dewasa ini dengan berbagai macam keunggulannya, baik POS Offline ataupun online, dengan metode investasi pembelian ataupun sewa bulanan semua dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan retailer. Sebelum menentukan POS system yang digunakan, sebaiknya pertimbangkan hanya apa yang dibutuhkan dan solusi apa yang ingin didapatkan.

Selain POS Sistem itu sendiri, yang wajib diperhatikan para retailer dalam menentukan POS Sistem yang digunakan adalah jenis hardware yang dibutuhkan. Hardware / perangkat keras yang paling utama untuk menjalankan POS Sistem, lakukan riset mendalam sebelum memilih POS Sistem dan hardware, agar POS Sistem dapat berjalan dengan maksimal.

Meskipun banyak pilihan ditawarkan, semua POS Sistem membutuhkan beberapa komponen hardware / perangkat keras yang wajib dan dibutuhkan oleh para retailer, antara lain:

Komputer / Tablet/ Ipad

Komputer adalah yang utama, proses pencatatan transaksi penjualan melalui POS Sistem dilakukan disini dan lewat Komputer pula POS Sistem akan bekerja terhubung dengan bagian Gudang dan akuntansi. Dalam perkembangannya saat ini, komputer sudah tidak mendominasi, banyak pilihan bagi retailer selain menggunakan komputer, misalnya menggunakan Tablet/ Ipad dimana dengan tampilan fisik yang lebih elegan dan menarik namun tetap berfungsi sama baiknya seperti komputer konvensional.

Sistem POS

Sistem POS adalah “otak” dari keseluruhan aktivasi operasional. Sistem ini dapat berjalan pada computer/ server lokal, atau dapat dijalankan pada sistem berbasis Internet atau biasa disebut Cloud POS. Sistem POS tidak hanya berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan, tapi dapat juga mencatat pergerakan inventory. Dan yang pasti dapat menyediakan laporan yang anda butuhkan secara real-time kapan pun dibutuhkan.

Cash Drawer

Ini adalah alat yang dibutuhkan untuk menyimpan uang yang diterima dari transaksi pembayaran tunai customer. Cash drawer sendiri akan terhubung dengan printer dan komputer, beberapa cash drawer saat ini sudah menyediakan fungsi keamanan yang cukup baik yang hanya dapat dibuka ketika ada transaksi atau memiliki kode elektronik yang hanya diketahui oleh bagian tertentu sehingga dapat menghindari dari ancaman kecurian.

Printer

Setiap usaha membutuhkan printer untuk pencetakan bukti transaksi. Banyak pilihan yang bisa dipilih printer dot matrix atau thermal imaging printer. Jenis termalnya lebih mahal, namun cenderung berjalan lebih cepat dan tenang. Apapun printer yang dipilih, pastikan sesuai dengan POS Sistem yang akan digunakan.

Barcode Scanner

Sebagian besar Sistem POS sudah mendukung barcode scanner untuk membaca kode barcode saat melakukan transaksi penjualan, penerimaan barang, dsb. Barcode Scanner ini juga berfungsi untuk membantu melacak informasi persediaan dan pembelian customer.

Sistem POS adalah investasi kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi oleh para retailer agar operasional menjadi efektif dan efisien untuk mencapai profit yang maksimal. Dengan berdasarkan frekuensi transaksi dan pelaporan penjualan , para retailer dapat menentukan kebutuhannya ,sehingga dapat mempersempit pilihan sistem POS dan hardware-nya yang akan membantu kesuksesan operasional hari ini dan masa mendatang.

turboly.com