Apakah Inventory Management Adalah Sesuatu Yang Penting?

image

Inventory adalah bagian utama bagi retailer. Inventory harus selalu tersedia di toko atau Gudang pada saat akan dijual / dikirim ke customer.

Sama halnya dengan Perusahaan Manufaktur dan Perakitan tidak mungkin hanya membeli bahan baku untuk keperluan produksi mereka di bulan ini saja, tetapi sudah dipersiapkan untuk beberapa minggu atau bulan berikutnya.

Besar kecil inventory dari masing-masing perusahaan tentu sangat bervariasi. Hal ini tergantung dari model bisnis yang dijalankan oleh masing-masing perusahaan dan juga faktor lainnya.

Apa Manfaat Inventory Management?

Secara ringkas manfaat utamanya adalah untuk efisiensi waktu dan biaya. Dengan penerapan inventory management yang baik maka akan terhindar dari resiko kekurangan dan kehilangan barang serta meminimalisir kerusakan barang. Jadi pengaturan inventory barang menjadi sangat bermanfaat dalam hal memperlancar proses penjualan kepada pelanggan,

Perlu dilakukan perencanaan yang baik sehingga Inventory Level atau minimum - maksimum persediaan barang bisa maksimal manfaatnya. Karena jangan sampai inventory ini terlampau besar. Alasannya: barang-barang tadi bisa rusak atau kadaluarsa dan inventory yang terlampau tinggi memerlukan pendanaan yang besar pula untuk melakukannya.

Perlu pertimbangan beberapa faktor untuk menentukan Inventory Level, seperti: forecast permintaan pelanggan, umur suatu produk, siklus permintaan pelanggan, minimum pembelian barang dari pemasok (supplier). Penerapan inventory management yang buruk memiliki konsekuensi besar yaitu kekecewaan pelanggan, yang bisa berdampak kepada kehilangan pelanggan dan penurunan penjualan. Manfaatkan sistem inventory untuk pengelolaan dan penerapan inventory management.

Jadi, sudahkah Anda merencanakan Inventory di Perusahaan Anda?

turboly.com