Perbedaan POS Sistem dan ERP Sistem

image

Sistem Point-of-sale dan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP), banyak orang tidak mengetahui perbedaan antara keduanya, sehingga banyak yang beranggapan bahwa system POS & system ERP adalah sama, padahal antara system POS dan system ERP adalah 2 hal yang berbeda jika ditinjau dari penerapannya dalam sebuah perusahaan.

Sistem POS (Point of Sales)

Sistem POS adalah suatu system yang dibuat untuk mencatat transaksi penjualan atau bisa disebut juga system kasir, biasanya digunakan untuk usaha retail, restaurant/ cafe. System POS berfungsi untuk membantu mencatat transaksi penjualan se-praktis mungkin untuk menghasilkan pelayanan yang cepat dan efisien untuk kepuasan pelanggan

Dalam Sistem POS sendiri biasanya dilengkapi dengan fitur untuk mengelola macam-macam diskon, membership, voucher, loyality points. Pada umumnya Sistem POS sendiri dilengkapi dengan perangkat keras (hardware) seperti printer, barcode scanner, dan cash drawer. Ada juga Sistem POS yang dilengkapi dengan Simple Inventory Management dimana memungkinkan penggunanya untuk mengelola stok barang dengan sederhana.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Sistem ERP adalah sebuah system yang bertujuan yang membantu operasional perusahaan secara keseluruhan. Meliputi penjualan, pembelian, pengelolaan inventory, keuangan & akuntansi, dan pengelolaan sumber daya manusia.

Sistem ERP memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dokumen secara digital sehingga cenderung lebih mengurangi penggunaan kertas. Data di seluruh bagian terintegrasi satu dengan yang lain, sehingga memudahkan untuk mengontrol dan mengawasi seluruh aktivitas perusahaan..

Dari penyampaikan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaannya terletak pada tujuan penggunaan. Sistem POS dipakai untuk membantu penjualan khususnya kasir, sedangkan sistem ERP cakupan penggunaannya lebih luas, bisa dipakai di seluruh bagian perusahaan seperti mulai dari penjualan sampai hasil akhir laporan keuangan.

Meskipun berbeda antara Sistem POS & Sistem ERP memiliki kesamaan dalam hal mendigitalisasi pekerjaan. Sistem POS sendiri lebih membantu pekerjaan di bagian penjualan. Sedangkan Sistem ERP dapat membantu pekerjaan seluruh divisi dalam perusahaan.

Untuk pilihan penggunaannya, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

turboly.com