3 Langkah Mudah Mengamankan Sistem POS Anda

image

Banyak retailer bergantung pada sistem POS untuk berbagai fungsi. Misalnya menyimpan informasi pembelian pelanggan, membuat laporan konsumen dan memaksimalkan sebgai system inventory. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah banyak sistem POS tidak memiliki skema pengamanan yang tepat untuk memastikan data pelanggan dan perusahaan aman. Sistem POS dapat mengalami kehilangan data, pelaggaran keamanan dan kegagalan teknis yang dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan, data, pendapatan dan bahkan reputasi.

Bagaimana retailer dapat melindungi sistem POS mereka? Ikuti ketiga cara mudah ini untuk mengamankan sistem POS dan melindungi data berharga.

1. Aktifkan firewall dan software anti-virus

Aktifkan penggunaan firewall dan juga software antivirus untuk mempertahankan sistem POS dari hacker dan malware. Langkah pengamanan ini juga bisa menghalangi spyware dan juga program predator berbahaya. Menggunakan perangkat lunak antivirus atau firewall tidak menjamin keamanan 100 persen, namun hal itu membuat sistem Anda menjadi lebih sulit untuk dibobol.

2. Update software

Lakukan pembaruan software setiap sistem POS secara reguler. Ini karena sistem POS lebih rentan terhadap malware dan virus jika patch perangkat lunak tidak terpasang. Untuk memastikan produktivitas maksimum, jalankan pembaruan terjadwal ini pada malam hari saat operasional toko sudah tutup. Selain itu, memperbarui perangkat lunak dapat membuat sistem POS berjalan lebih cepat. Sistem POS yang lebih cepat dapat mengambil lebih banyak transaksi, yang berarti penjualan lebih tinggi bagi pemilik toko. Jika perangkat lunak tidak diperbarui secara otomatis, jadwalkan layanan atau minta vendor untuk memeriksa POS untuk Anda.

3. Migrasi ke Cloud Base

Sistem keamanan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi setiap bisnis. Oleh karena itu, dengan menggunakan sistem POS berbasis cloud, anda dapat merasa tenang dan terlindungi karena mengetahui bahwa informasi mereka akan selalu aman. Informasi yang disimpan dan disinkronisasikan secara elektronik akan dapat dengan mudah untuk dikembalikan seperti semua jika terjadi masalah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk mencadangkan atau kehilangan data jika terjadi gangguan listrik atau kerusakan perangkat. Manfaat lain lain dari system POS berbasis cloud adalah memiliki tingkat keamanan yang tinggi seperti enkripsi untuk melindungi data dari virus dan pencurian.

Apa lagi yang bisa dilakukan perusahaan untuk melindungi data? Gunakan sistem backup untuk menyimpan semua data berharga. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perusahaan dapat mengamankan system POS mereka untuk penggunaan dan keuntungan di masa depan.

turboly.com