5 Manfaat POS Sistem Bagi Usaha Anda

image

Meskipun banyak retailer masih menggunakan mesin cash register yang tradisional, sistem POS dengan cepat semakin populer. Hal ini karena para retailer menjadi sadar akan keunggulan sistem POS. Sistem POS lebih dari sekadar memperbaiki fungsi mesin kasir, karena juga memperbaiki organisasi dan efisiensi proses operasional secara keseluruhan.

Manajemen Persediaan yang Sederhana dan Mudah dipahami

Jika sebuahdi toko teruse menerus mengamati pergerakan persediaan, hal tersebut bisa jadi pekerjaan yang rumit jika melakukannya secara manual. Tanpa alat untuk melacak persediaan secara otomatis, karyawan diwajibkan untuk mencatat jumlah setiap barang secara manual karena dijual, dikembalikan atau diterima dari supplier. Hal ini dapat menjadi bencana jika perhitungan yang salah dan perbedaan yang serius dalam persediaan. Permasalahan ini bisa menjadi semakin rumit, jika misalnya karyawan baru tidak mengetahui posisi persediaan barang yang akan dijualnya. Pelanggan bisa menjadi kecewa dan memiliki potensi kelihalan pendapatan serta juga pelanggan. Sistem POS cloud adalah solusi masalah ini dengan mengizinkan karyawan untuk melacak jumlah persediaan secara real time, menempatkan informasi ini semua dalam satu tempat. Setiap karyawan di toko dapat mengakses informasi ini dengan keyakinan bahwa itu akurat.

Menghilangkan Multiple Data Entry

Saat menyimpan data seperti informasi pelanggan, sering diawali dengan proses meninju data pelanggan sebelum melakukan penjualan. Banyak pelanggan merasa kurang nyaman untuk memberikan informasi pribadi, terutama saat diminta lebih dari sekali. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan antrian yang lama di kasir, semakin lama waktu tunggu pelanggan yang bias saja meninggalkan toko karena tidak sabar. Penjualan menjadi hilang dan, mereka mungkin berbagi pengalaman dengan orang lain, dengan mengorbankan pelanggan dan pendapatan. Sistem POS memungkinkan karyawan mengakses informasi dari terminal /PC atau perangkat selular di dalam jaringan toko, atau bahkan di lokasi lain, karena disimpan di cloud server yang dapat diakses oleh semua terminal POS Anda. Membiarkan karyawan dan manajer Anda untuk mengakses penyimpanan penting dan data pelanggan sesuai permintaan membawa lebih banyak efisiensi dan produktivitas ke dalam operasonal usaha anda.

Menghemat Waktu

Banyak yang tidak menyadari bahwa sebagian besar waktu dihabiskan untuk membuat laporan. Waktu akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk membuat strategi penjualan selama hari kerja, tidak hanya berkutat dengan laporan. Manfaat besar penggunaan POS sistem adalah bagaimana memberikan analisis terperinci mengenai data pendapatan dan penjualan. POS sistem dapat memberikan informasi berapa persediaan yang dimiliki saat ini, barang mana yang telah terjual dan seberapa sering, dan mengukur popularitas barang tertentu. Manfaat ini akan menghemat waktu yang dibutuhkan dibandingkan jika harus berkutat dengan pembuatan laporan.

Operasional Lebih Teratur

Dalam operasional perusahaan konvensional sering kali berurusan dengan sejumlah besar data-data/ dokumen yang tercetak di kertas. Kertas kerja menumpuk, menyebabkan operasional yang tidak efektif. Hal ini menghasilkan kecepatan kerja yang lebih lambat dan bisa berakibat pada pelayanan kepada pelanggan, dan dapat berpengaruh pendapatan dan kepuasan pelanggan. Untuk operasional bisnis konvensional, sistem POS adalah alat yang diperlukan. Sistem POS memungkinkan proses operasional dan dokumentasi penting lainnya tanpa memperhatikan kuatir dokumentasi yang hilang. Karena seluruh dokumentasi proses operasional dari pembelian sampai penjualan barang akan dicatat secara otomatis oleh Sistem POS.

Antisipasi Kerugian

Menjalankan banyak cabang toko/ outlet yang memiliki nilai persediaan, antisipasi pencegahan kerugian itu penting. Sebuah lokasi yang menyimpan beberapa barang dengan fisik “kecil” sangat rentan terhadap hal ini, karena barang bisa hilang dan kerugiannya tidak akan diperhatikan sampai dilakukan stock opname. Stock Opname persediaan bisa menjadi suatu pekerjaan yang sangat membosankan, dengan tingkat kesalahan pencatatan tinggi. Sistem POS merupakan alat penting untuk pencegahan kerugian di toko/ outlet retail. Sistem POS dapat menghasilkan laporan yang mencatat semua perubahan persediaan sepanjang hari. Jika ada masalah dengan persediaan yang hilang, store manager memiliki akses untuk memeriksanya. Jika bisnis menggunakan sistem POS cloud, ini membuat prosesnya semakin mulus saat mereka menghitung barang dagangan.

turboly.com