Menghemat Biaya Dengan POS Sistem – Bagian 1

image

Sistem POS saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan wajib bagi para retailer. Ini karena retailer mulai sadar akan kelebihan sistem POS. Sistem POS tidak lebih dari langkah modernisasi fungsi mesin kasir, karena juga meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Inventory Management Sederhana dan Mudah Diakses

Melacak arus pergerakan barang secara manual merupakan tantangan yang dihadapi oleh para retailer. Tanpa system inventory, kedisiplinan karyawan dalam mencatat jumlah setiap barang saat barang dijual, dikembalikan atau diterima dari supllier. Hal ini memiliki resiko akan perhitungan yang salah dan perbedaan pencatatan dalam persediaan.

Masalah lain akan timbul ketika usaha mulai berkembang dan memiliki cabang di beberapa lokasi. Pencatatan persediaan di masing-masing cabang akan menjadi suatu kendala, dan akan berdampak pada profitabilitas perusahaan, karena tanpa pencatatan persediaan yang baik secara langsung akan mempengaruhi penjualan.

Sistem POS berbasis cloud merupakan solusi masalah ini dengan memungkinkan semua user baik di cabang dan pusat melacak persediaan secara real time. Dengan sistem POS berbasis cloud, data informasi akan berada dalam satu tempat. Setiap user di lokasi manapun dapat mengakses informasi ini dengan akurat.

Single Data Entry

Dalam proses penjualan, hal yang pertama dilakukan adalah mengisi data pelanggan. Banyak pelanggan merasa terganggu terutama jika diminta lebih dari satu kali, padahal pelanggan tersebut pernah berbelanja di toko cabang lainnya.

Selain itu hal tersebut bisa membuat proses transaksi menjadi lama dan bisa saja timbul antrian di kasir, pelanggan yang tidak puas karena hal tersebut bias saja meninggalkan toko karena ketidaksabaran. Tidak hanya penjualan yang hilang, mereka dapat berbagi pengalaman dengan orang lain, merugikan pelanggan dan pendapatan.

Sistem POS berbasis cloud membuat akses informasi dalam jaringan toko Anda, atau bahkan yang berada di lokasi lain, akan terintegrasi. Data pelanggan merupakan salah satu contoh, keunggulan yang dimiliki oleh Sistem POS berbasis cloud tidak diperlukan input data di masing-masing tempat. Karena data yang sudah diinput akan terintegrasi dengan bagian lain secara real-time.

Cepat Dalam Mengambil Keputusan

Manfaat besar lain dalam menggunakan Sistem POS adalah menyajikan suatu data laporan analisis secara rinci dari pendapatan dan penjualan, persediaan, pelanggan bahkan supplier. Sebagai owner, para retailer setiap saat bisa tahu berapa banyak persediaan yang saat ini mereka miliki, barang mana yang telah terjual dan seberapa sering, dan mengukur popularitas barang-barang tertentu. Ini menghemat waktu yang diperlukan untuk membuat laporan secara manual dengan resiko hasil yang kurang akurat.

Lanjut ke bagian kedua.

turboly.com