Mengemat Biaya Dengan Sistem POS - Bagian 2

image

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas mengenai bagaimana sistem POS dapat menghemat biaya. Kali ini kami akan membahas kembali faktor - faktor mengapa Sistem POS dapat menghemat biaya.

Peningkatan Kinerja

Dalam operasional sehari-hari sering kita berurusan dengan kertas dokumen misalnya PO Supplier, Surat Jalan dan dokumen lainnya. Semua dokumen harus disimpan dalam arsip hingga semua terpenuhi dan jika sudah terpenuhi pun dokumen ini harus disimpan untuk beberapa waktu. Hasilnya, dengan banyaknya dokumen yang dicetak selain biaya yang tinggi, hal ini juga bisa menimbulkan “kekacauan” jika dokumen terselip atau hilang. Hal ini menghasilkan kecepatan kerja yang lebih lambat dan mengurangi kepuasan pelanggan, yang bisa mempengaruhi pendapatan.

Untuk bisnis yang beroperasi terutama pada B2B / wholesale, sistem POS adalah alat yang diperlukan. Sistem POS memungkinkan user untuk mengelola perintah kerja dan dokumentasi penting lainnya tanpa memperhatikan disorganisasi atau dokumentasi yang hilang. Menggunakan sistem POS di tempat menghilangkan masalah ini.

Mencegah Kerugian

Ketika mengelola sebuah toko/ gudang yang menyimpan banyak barang, pencegahan kerugian itu penting. Beberapa barang yang secara fisik kecil sangat rentan akan kehilangan, karena barang-barang bisa hilang dan kerugian tidak akan diperhatikan sampai pemeriksaan stok menyeluruh dilakukan (stock opname). Melakukan perhitungan persediaan secara manual akan memerlukan usaha yang lebih, dengan kemungkinan salah perhitungan yang tinggi.

Sistem POS adalah alat penting untuk pencegahan kerugian di toko ataupun gudang. Sistem POS dapat menghasilkan laporan pergerakan barang secara realtime baik di toko dan gudang. Jika ada masalah dengan stok yang hilang, informasi dapat diakses dengan cepat ke semua data yang diperlukan untuk memeriksanya dan

Kurangi Biaya dan Waktu Pemasaran

Pemasaran adalah bagian penting dari menumbuhkan bisnis, membuat banyak pemilik menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menjangkau sebanyak mungkin klien. Ketika berhadapan dengan persaingan dan basis pelanggan yang besar, itu bisa menjadi sangat mahal, memakan waktu dan luar biasa untuk mencoba dan melakukannya secara manual. Layanan pemasaran dari pihak ketiga akan memakan biaya yang besar, dan sebaiknya digunakan untuk pengembangan usaha, meningkatkan pengalaman pelanggan dan stok tambahan.

Fitur lain yang bermanfaat dari sistem POS adalah kemampuan untuk mempertahankan kontak dengan pelanggan Anda. Sistem POS memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi kontak pelanggan dengan mudah, memungkinkan untuk memberi tahu mereka tentang penjualan dan promosi lainnya. Sistem POS saat ini sudah banyak dilengkapi dengan fitur email, baik itu untuk bukti transaksi ataupun email “blast” yang berhubungan dengan promosi.

turboly.com