Sekarang Saatnya Menerapkan Sistem ERP Retail

Perkembangan teknologi dewasa ini harus direspon dengan baik oleh para retailer terutama bagi retailer yang menginginkan proses bisnisnya menajdi efeltif dan efisien untuk meningkatnya profitabilitas perusahaan. Dalam setiap usaha, termasuk perusahaan retail sangat memerlukan sistem seperti ERP retail untuk mendukung aktivitas operasioanl persahaannya.

Sistem ERP Retail memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan, antara lain :

  1. Seluruh bagian di perusahaan akan terintegrasi. Mulai dari sales, Gudang persediaan, pembelian sampai ke accounting.

  2. Laporan yang dihasilan dapat menjadi alat pengambilan keputusan bisa diambil secara cepat dan efisien.

  3. Dengan Sistem ERP Retail berbasis cloud, informasi dapat diakses dari mana saja tidak terbatas di kantor.

  4. Manajemen dapat ikut aktif terlibat dalam operasional, tidak hanya pasif menerima laporan.

  5. Memungkinan pelacakan data penjualan, pembelian , sampai ke accounting tanpa kesulitan integrase data dari system berbeda.

  6. Lebih Efisien, karena tidak memerlukan perawatan untuk hardware terutama server yang membutuhkan perawatan khusus, biaya listrik yang besar.

  7. Implementasi sistem ERP Retail sangat tergantung pada tujuan dan perubahan proses yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan system ERP retail adalah :

a. Diskusikan kebutuhan dan tujuan perusahaan dengan tim implementator/ vendor ERP

b. Mengidentifikasi data yang akan dijadikan data awal, jangan sampai data yang dimasukan adalah data “sampah” yang sebenarnya sudah tidak diperlukan.

c. Menetukan waktu implementasi, tentukan waktu implementasi agar proses dalam berjalan lancar. Waktu yang tetap biasanya adalah awal tahun atau pertengahan tahun setelah pelaopran pajak.

d. Sosialisaikan ke semua staff terkait, implementasi akan berjalan lancar jika semua staff terlibat aktif dalam proses implementasi. Sampaikan tujuan dari implementasi system ERP retail.

e. Memutuskan siapa yang akan menjadi system administrator. Hal ini penting karena setelah tim implementator selesai menjalankan tugasnya, maka tanggung jawab system administrator adalah dari perusahaan anda sendiri.

Dewasa ini system ERP Retail sangat dibutuhkan banyak perusahaan, sayangnya banyak yang masih beranggapan penggunaan Sistem ERP retail merupakan investasi yang mahal dan tidak ada return yang jelas. Padahal jika dianalisa kebih lanjut dengan sistem ERP Retail ini, perusahaan bisa bersaing dengan optimal.

Ingat, sistem ERP Retail bukan hanya kebutuhan perusahaan besar. Sistem ERP Retail akan sangat membantuk jika diterapkan sedini mungkin sehingga bisa memperoleh nilai lebih bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saing.

www.turboly.com