Strategi Toko Retail Menghadapi Persaingan Dengan Ecommerce

image

Semakin majunya teknologi dan mulai berkembangnya bisnis online di Indonesia membuat bisnis retail harus mengatur strategi agar tak kalah bersaing dengan gerai toko online/ e-commerce. Meskipun masih banyak pengunjung akan tetap mengunjungi toko retail seperti di mall atau pusat perbelanjaan lain pada momen-momen tertentu misalnya hari raya atau pada masa akhir tahun ketika banyak diskon ditawarkan.

Para retailer harus pintar mengatur strategi agar toko retail tidak kalah dengan e-commerce dan harus terus berinovasi untuk menggaet pengunjung, khususnya pada musim belanja tinggi seperti saat ini, yakni menjelang Natal dan tahun baru.

Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh pelaku retail adalah menyediakan produk yang tidak dijual di e-commerce atau ikut menjual produk yang menjadi incaran di e-commerce dengan harga lebih murah serta menghadirkan pengalaman berbeda secara langsung.

Kita tahu tidak semua, belum semua konsumen nyaman membeli barang di e-commerce. Misalnya di dalam untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari, konsumen masih cenderung lebih nyaman berbelanja di toko retail/ supermarket begitu pula untuk pakaian, banyak konsumen lebih yakin jika dapat mencoba pakaian sebelum memutuskan untuk membeli. Hal seperti itu tidak bisa didapatkan pengunjung ketika berbelanja online.

Banyak pengunjung yang mendatangi retail bukan semata karena diskon, tapi juga mencari produk baru. Ada yang karena diskon, tapi ada juga yang karena mereka hanya menemukan produk baru itu saat datang ke toko.

Trend yang berkembang saat ini pun semakin unik, beberapa retail e-commerce pun tengah gencar membuka toko offline atau istilahnya o2o (online to offline), khususnya untuk e-commerce yang menjual fashion, karena mereka sadar customer experience akan dimulai saat konsumen mendapatkan barang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Pemilik bisnis retail pun bisa mengadaptasi metode yang sama, banyak toko retail saat ini berinovasi dengan memungkinkan pengunjung bertransaksi secara online dan mengambil barang yag dibeli langsung ke toko, pembayaran pun bisa dengan kartu kredit, transfer maupun COD (cash on delivery).

Apapun strategi yang diterapkan oleh toko retail, hendaknya didukung dengan Sistem POS yang memadai, untuk mendukung operasional yang baik dan meningkatkan profitabilitas.

turboly.com