Tanda Perusahaan Membutuhkan Sistem ERP

image

Sistem ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah sistem yang mendukung seluruh aktivitas operasional perusahaan yang sedang berlangsung. Sistem ini menggabungkan proses bisnis, mulai dari pembelian, penyimpanan, penjualan sampai dengan proses pencatatan di bagian keuangan dan akuntasi untuk menghasilkan laporan keuangan.

Mengingat begitu pentingnya peranan Sistem ERP bagi suatu perusahaan, apakah ada persyaratan khusus untuk implementasi Sistem ERP? Berikut adalah tanda - tanda suatu perusahaan membutuhkan implementasi Sistem ERP :

  • Hutang - Piutang tidak terpantau. Arus kas bermasalah karena banyak tagihan belum tertagih ataupun belum terbayarkan.

  • Tidak dapat mengukur kondisi persediaan. Kesulitan mengetahui jumlah persediaan karena tidak ada disiplin dalam pencatatan secara manual.

  • Pembelian barang tidak tepat. Sering melakukan pembelian barang dengan tidak tepat baik dari sisi jumlah maupun jenis barang, hal ini karena tidak dapat mengukur barang-barang apa yang sedang dibutuhkan.

  • Kehilangan barang di gudang. Sering terjadinya kehilangan barang ataupun barang rusak di gudang karena tidak ada kontrol yang baik dalam sisi pencatatan dan penyimpanan.

  • Kecurangan dalam penjualan. Sering terjadi selisih penjualan dengan persediaan barang, biasanya disebabkan oleh kasir-kasir nakal yang memanfaatkan celah antara sistem penjualan dan persediaan/ gudang.

  • Banyak kehilangan penjualan (loss sales), akibat barang tidak tersedia atau rusak. hal ini merupakan akibat tidak dapat mengukur trend penjualan dan persediaan.

Tanda-tanda diatas adalah warning bagi pengusahan retail untuk segera merubah cara kerja manual dan mulai mengimplementasikan Sistem ERP . Sistem ERP memastikan sesuai transaksi dicatat secara real-time, dengan perhitungan yang akurat dan akan terintegrasi secara otomatis kesemua bagian yang terkait.

Ingat bahwa sistem ERP bukan merupakan kebutuhan perusahaan besar saja.semakin cepat mengimplementasikan sistem ERP di perusahaan anda maka kinerja yang efektif dan efisien akan menjadi budaya sehingga dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Dengan demikian, pemetaan masalah serta pengambilan keputusan untuk strategi perusahaan dapat cepat diputuskan..

turboly.com