5 Laporan Wajib Point of Sale System Bisnis Ritel

image

Banyak toko ritel yang sukses masih menggunakan sistem manual dan konvensional. Meskipun sepertinya berfungsi cukup baik namun belum dapat memberikan informasi secara rinci. Sistem Point of Sale (POS) yang dirancang untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat bagi penggunanya.

Berikut adalah 5 laporan wajib dimiliki Sistem Point of Sales (POS) yang akan memberikan manfaat bagi penggunanya :

Laporan Penjualan Toko

Sistem Point of Sales (POS) memungkinkan penggunannya untuk mendapatkan data penjualan real-time, tetapi ingat laporan penjualan periode sebelumnya (historis) juga sangat dibutuhkan Kemampuan untuk mendapatkan laporan penjualan toko ritel berdasarkan rentang tanggal serta waktu, hingga jam, dapat membantu Anda membandingkan kesuksesan bisnis selama berbagai waktu dalam sehari, minggu, bulan, dan tahun.

Contohnya informasi bahwa penjualan antara jam 10 pagi hingga 11:30 belum terlalu ramai, misalnya. Berdasarkan informasi ini mungkin tindakan yang dilakukan adalah penempatan staf di pagi hari bisa diurangi dan dialokasikan pada jam yang lebih ramai.

Laporan Penjualan per Sales Staff dan target penjualan

Laporan Penjualan umum dimaksudkan untuk melihat perkembangan bisnis secara keseluruhan. Sistem Point of Sales (POS) ritel sering kali menyertakan opsi untuk target penjualan berdasarkan waktu dan sales staff. Kemampuan untuk menetapkan target penjualan dan kemudian melacak hasil sangat membantu untuk perusahaan ritel yang beroperasi dengan staf berbasis komisi. Staff yang berbeda sering diberi tujuan penjualan yang berbeda, berdasarkan senioritas serta pengalaman, dan melacak komisi mudah dengan sistem POS yang melacak target serta laporan penjualan per masing-masing sales staff.

Contohnya jika anda ingin tahu siapa penjual No. 1 di tiap-tiap toko, Sistem Point of Sales (POS) Ritel yang dapat membantu untuk memberikan laporan yang akurat sehingga pembagian insentif akan lebih lebih adil, dan mengidentifikasi siapa staff yang lemah yang harus diberi kesempatan untuk memberi mereka pelatihan.

Analisis Gross Profit Margin

Mengidentifikasi barang mana yang paling laku itu mudah. Akan tetapi untuk mengetahui barang-barang mana yang memberikan keuntungan tinggi tidak semudah yang dibayangkan. Tidak selalu barang yang paling banyak dijual memberikan keuntungan yang tinggi. Sistem Point of Sales (POS) akan memberikan informasi barang mana yang paling memberikan keuntungan, berdasarkan nilai pembelian barang dan harga jualnya. Informasi yang dihasilkan dapat berupa persentase atau nilai laba.

Laporan manajemen inventaris

Sistem Point of Sales (POS) Ritel membuat manajemen persediaan menjadi mudah. Laporan pengelolaan persediaan memungkinkan untuk melacak stok berdasarkan SKU, bahkan di beberapa lokasi. Manajemen persediaan tidak hanya untuk menjaga persediaan yang ada tetapi juga untuk melacak pergerakannya. Dalam sistem manajemen persediaan yang baik, dapat melihat berapa banyak barang rusak yang terima dari vendor yang berbeda, dan seberapa sering Anda harus me-return barang. Selain itu Sistem Point of Sales (POS) dapat mengidentifikasi service rate dan KPI supplier

Laporan Perbandingan Antar Toko

Untuk pemilik usaha yang memiliki banyak lokasi toko, Sistem Point of Sales (POS) Ritel akan memberikan laporan perbandingan kinerja antar toko. Dari laporan ini, para retailer mungkin menemukan bahwa salah satu toko menjual lebih banyak jenis produk tertentu daripada yang lain, atau bahwa ada toko yang tidak memberikan keuntungan dibandingkan toko yang lain.

Perbandingan juga dapat membantu untuk melihat kinerja staf secara keseluruhan di berbagai lokasi dan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatannya.

Biasanya, jenis perusahaan ritel akan menentukan jenis laporan yang berbeda. Sistem Point of Sales (POS) Ritel memungkinkan pengguna untuk membuat laporan yang sangat disesuaikan dengan kebutuhannya.

turboly.com