Bagaimana Memilih Sistem ERP Ritel Yang Tepat

image

Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua sistem ERP Ritel. Setiap bisnis memiliki profil yang berbeda, dan standar bisnis yang membutuhkan berbagai solusi atas permasalahan yang berbeda.

Sistem ERP retail yang baik akan menawarkan sejumlah solusi seperti Point of Sales (POS), CRM, cloud hosting, system inventory, platform e-commerce, sampai ke system akuntansi.

Bagi pelaku usaha kecil - menegah, jika ingin berinvestasi dalam Sistem ERP Ritel, faktor biaya dan kemudahan pengguna/ user friendly adalah faktor yang wajib dipertimbangkan ketika memilih Sistem ERP Ritel. Berikut beberapa factor yang harus dipertimbagkan dalam memilih Sistem ERP Ritel :

Kemudahan Penggunaan/ user friendly : Pertimbangkan apakah Sistem ERP Ritel mudah digunakan? Berapa lama pelatihan yang dibutuhkan? Solusi Sistem ERP Ritel modern hadir dengan tampilan yang responsive, web based dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sebagian besar alat bisnis seperti program Microsoft dan Google.

Customize : Apakah Sistem ERP Ritel mengakomodasi perubahan model bisnis? Apakah penggunaan perangkat Sistem ERP Ritel, platform, dan jumlah pengguna dapat disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis? Sistem harus dapat disesuaikan dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Penting untuk memilih solusi Sistem ERP Ritel dengan fitur-fitur yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Platform Cloud atau On-premise : Secara tradisional, Sistem ERP Ritel on-premise membutuhkan biaya lisensi yang mahal dan investasi awal yang besar. Sekarang dengan munculnya solusi ERP cloud, model harga ‘sewa bulanan’ atau Saas yang terjangkau kini tersedia untuk bisnis yang lebih kecil dan start-up. Ini meminimalkan risiko membeli Sistem ERP Ritel yang tidak memadai yang terlalu kuat untuk kebutuhan Anda.

Pembaharuan Fitur : Pastikan Sistem ERP Ritel selalu diperbaharui. Pertimbangkan biaya terkait dengan pembaharuan fitur yang terjadi. Serta ketika proses pembaharuan tidak mengganggu aktivitas operasional.

Tingkat Keamanan : Pastikan keamanan data sebagai prioritas utama. Waspadai cara mengelola dan menentukan peran akses dan otorisasi yang berbeda dalam sistem untuk mencegah terjadinya fraud.

Aftersales Service : Dalam memilih penyedia layanan Sistem ERP Ritel hal yang paling penting adalah layanan purna jual/ after sales service. Pastikan vendor yang akan dipilih memiliki track record pelayanan yang baik. Jangan segan tanyakan kepada pengguna yang lain.

Pada akhirnya, tahapan paling penting dalam memilih Sistem ERP Ritel adalah anda harus tahu kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis anda ketika menggunakan Sistem ERP Retail.

turboly.com