Hal-Hal yang harus dianalisa dalam usaha retail

image

Mengapa perlu menganalisa perkembangan usaha retail? Analytics. Statistik. Metrik. Apa pun kata yang dipilih untuk mendeskripsikannya, alat pelaporan yang baik adalah nyawa dari setiap Point of Sale (POS) System dan Inventory System yang hebat. Point of sale analytics memberikan informasi terkini dan akurat yang Anda perlukan untuk membuat keputusan penting tentang perusahaan.

Setelah menyinggung tetang laporan wajib yang harus dimiliki oleh Sistem Point of Sales (POS). Berikut adalah hal-hal yang harus dianalisa agar usaha retail terus berkembang :

1. Penilaian Persediaan

Arus kas rendah adalah masalah utama dengan banyak bisnis. Penjualan mungkin menghasilkan keuntungan, tetapi jika terlalu banyak modal “berhenti” akibat banyaknya sisa persediaan tidak terjual, maka mungkin sebenarnya usaha anda tidak memilki cukup uang untuk terus berjalan. Laporan penilaian persediaan akan memberikan laporan terkini tentang perputaran modal untuk inventaris yang tidak terjual. Dengan informasi dan Analisa ini, Keputusan pembelian dapat disesuaikan berdasarkan trend penjualan.

2. Kinerja Karyawan

Mengelola karyawan dapat dikategorikan sebagai salah satu pekerjaan terberat. Untuk perusahaan skala kecil hingga menengah, tidak dapat membuat keputusan yang salah terkait staf Anda. Itulah mengapa laporan kinerja karyawan sangat penting. Anda perlu tahu siapa yang berkinerja baik dan siapa yang tidak, sehingga dapat mengambil keputusan yang terbaik untuk stabilitas keuangan.

3. Laporan Pelanggan

Semua retailer ingin mengembangkan usaha mereka, tetapi untuk melakukan itu harus menjaga pelanggan yang sudah loyal serta menghargai waktu dan kesetiaan mereka. Laporan pelanggan adalah sistem andalan dengan Analisa penjualan yang sangat bermanfaat. Karena akan mememberikan informasi dan data siapa pelanggan terbaik dan dapat berfokus pada mereka yang benar-benar diperhitungkan. Berikan diskon atau penawaran khusus agar mereka tetap merasa dihargai dan dekat.

4. Harga Pokok Penjualan

Point of Sale (POS) System yang baik memiliki kemampuan untuk memberikan laporan akurat mengenai Harga pokok penjualan (HPP). Dengan menunjukkan pendapatan penjualan, HPP barang yang dijual, dan termasuk keuntungannya. Ingatlah bahwa menjadi keutungan yang besar tidak selalu mempengaruhi cash flow perusahaan.

5. Stok Mati

Barang yang tidak terjual akan memengaruhi laba perusahaan. Point of Sale (POS) System akan membantu mengidentifikasi item ini sehingga akan meminimalisir kesalahan Atau setidaknya tidak membeli dalam jumlah yang tinggi. Apapun masalahnya, memiliki informasi ini akan membantu mengidentifikasi persediaan masalah sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan mengoptimalkan apa yang Anda miliki.

turboly.com