Siapa Bilang Sistem itu Mahal?

image

Bagi para retailer yang baru memulai usahanya, target utama adalah bagaimana meningkatkan penjualan dan menghasilkan profit yang besar. Sangat tepat menetapkan hal ini sebagai prioritas karena apabila tidak ada penjualan maka akan cukup menggangu cash flow. Namun, hal yang perlu menjadi perhatian jika usaha yang sudah berjalan sekian lama dan hasil penjualan belum sesuai target , mungkin sudah saatnya untuk menganalisa kedalam proses operasional perusahaan.

Itulah manfaat melakukan investasi di sistem ERP Retail yang terintegrasi. Kenapa disebut investasi dan bukannya biaya?. Banyak retailer yang sudah mempunyai omset penjualan yang cukup besar dengan profitabilitas yang tinggi, merasa implementasi sistem ERP Retaul adalah biaya. Padahal jika kita telaah lebih dalam, dengan adanya sistem ERP Retail yang terintegrasi, para retailer akan lebih leluasa dalam melakukan control dan pengawasan usahanya secara realtime dan mendapatkan informasi yang akurat.

Banyak retailer belum menyadari bahwa akan timbul biaya yang tinggi jika tidak menggunakan sistem ERP Retail. Berikut contohnya :

  1. Informasi terkait dengan persediaan barang bagi retailer atau wholesaler. Dengan sistem ERP retail informasi dapat diakses real-time, bagian sales akan dengan mudah mengetahui berapa tingkat persediaan yang ada tanpa harus menanyakan ke bagian gudang. Apabila rasio perputaran barang dapat lebih cepat secara otomatis potensi kerugian stok yang tidak bergerak “stok mati” menjadi minim dan cash flow bergerak dengan baik otomatis modal akan berputar dengan cepat.

  2. Piutang. Mengelola piutang bagi perusahaan yang bergerak dibidang distribusi sangatlah krusial. Tanpa SOP yang jelas, pasti akan membuat cash flow terganggu, karena modal akan tertahan akibat secara tidak langsung ikut memodali pelanggan. Lakukan review term of payment (TOP) secara regular, tentukan credit limit kepada customer. Dengan dibantu sistem ERP Retail yang terintegrasi, bagian penagihan dapat fokus kepada piutang-piutang yang berpotensi untuk bermasalah.

2 contoh diatas akan bisa menimbulkan biaya yang mahal jika tidak dapat diatasi dengan baik. Dengan Sistem ERP retail yang terintegrasi sebenarnya akan sangat membantu proses operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien yang secara tidak langsung akan meningkatkan profitabilitas usaha.

turboly.com