Membangun Relasi Dengan Komunitas Untuk Meningkatkan Penjualan

image

Retail adalah industri yang didominasi oleh “pemain” besar di bagian atas dan saat ini ditambah dengan toko online yang terus bermunculan. Bagaimana agar tetap kompetitif?

Dengan “pemain” besar yang memiliki keunggulan jaringan dan pesaing dari online yang memanfaatkan teknologi menjadi semakin lincah, bisakah UMKM tetap maju? Jawabannya adalah ya, sangat bisa.

Ketika usaha anda dengan 1 toko sudah berjalan baik, yang harus disadari perlu melakukan sesuatu yang berbeda jika ingin berkembang. Pemain retail besar berinvestasi lebih banyak di eCommerce, dan pesaing baru online hanya muncul pada kecepatan yang jauh lebih cepat. Karena itu, tetap kompetitif merupakan tantangan.

Bangun Relasi Dengan Komunitas dan berikan layanan eksklusif adalah cara yang paling efektif dan murah. Membangun relasi komunitas dengan “cinta. Saat ini pasar terbesar retail adalah kaum “millennial” dimana mayoritas mereka bergabung kedalam satu komunitas hobi mereka. Misalnya usaha anda adalah bengkel atau penyedia sparepart otomotif. Coba mulailah berinteraksi dengan komunitas mereka. Hal terpenting yang dapat anda pelajari pelajari tentang membangun relasi komunitas pelanggan adalah ini: kenali pelanggan dengan baik.

Sungguh mencari tahu siapa mereka. Apa kekhawatiran, perilaku, dan motivasi mereka? Sebagai contoh, Ikutlah sebagai sponsorship pada acara mereka, misalnya dengan memberikan hadiah dari salah satu produk anda ketika ada games yang mereka lakukan. Kemudian temukan kebutuhan apa yang mereka alami selama ini terkait dengan kondisi kendaraan mereka, mungkin saja kebutuhan sparepart atau aksesoris tertentu yang mereka butuhkan namun sulit untuk didapatkan. Setelah anda bisa mendekat dan dapat menyediakan apa kebutuhan mereka, anda dapat dengan mudah untuk menawarkan produk baru yang anda jual kepada mereka. Lambat laun antara komunitas dan toko anda bisa saling mendukung dan anggota komunitas bisa merasa sangat nyaman berinteraksi dengan anda.

Etos itu terbukti sukses. Banyak retailer telah mengembangkan bisnis mereka ke dari 1 toko menjadi 5 toko dengan dukungan ratusan anggota komunitas yang berbelanja secara teratur di toko mereka. Untuk mendukung pertumbuhan toko yang gunakan Sistem POS Ritel untuk menunjang pertumbuhan penjualan.

turboly.com