Mengapa Harus Cloud ERP ?

image

Teknologi berkembang pesat dari sebelumnya dan besar harapan pelanggan akan tumbuh seiring dengan perkembangannya. Salah satu imbasnya, saat ini konektivitas dan informasi seolah-olah berada di ujung jari kita, di mana pun kita berada, dan dari perangkat apa pun. Hal ini tidak mengejutkan bila software berbasis cloud server saat ini telah menjadi sangat dibutuhkan, namun hal ini menjadi tantangan bagi retailer yang masih menggunakan software kovensional.

Ditengah semakin diterimanya teknologi cloud, masih banyak pelaku bisnis yang masih enggan untuk bermigrasi dari teknologi konvensioal (baca : om-premise) ke teknologi cloud. Hal ini sebenarnya diakibatkan karena adanya pemikiran akan ketakutan ketika melakukan migrasi dari katakanlah sistem ERP konvesional ke Sistem ERP berbasis Cloud berisiko yang akan berakhir menjadi lebih mahal secara bisnis.

Ketakutan tersebut wajar apalagi jika informasi mengenai manfaat penerapan sistem ERP berbasis cloud ini tidak diketahui secara jelas. Hal tersebut sebenarnya dapat diantisipasi dari awal, yaitu dengan cara memilih vendor Sistem ERP yang tepat dan terpercaya. Mengapa harus beralih Sistem Cloud ERP? Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dirasakan dengan sistem ERP berbasis cloud:

Mengurangi biaya investasi

Salah satu hal pertama yang dipikirkan para pelaku bisnis adalah biaya. Tidak memandang seberapa hebatnya sesuatu, tapi jika itu mahal maka jawabannya akan “dipertimbangkan”. Untungnya, Sistem ERP berbasis cloud jauh lebih ramah terhadap “kantong” daripada on-premise, ditambah banyak vendor menawarkan berbagai opsi pembayaran termasuk per pengguna, per bulan atau biaya flat-rate, yang merupakan insentif besar untuk mengembangkan bisnis. Pembaruan dan pembaruan dapat didorong dari jarak jauh dan penyedia Anda harus dapat menangani pemeliharaan dan pemeliharaan sistem.

Jika Anda memilih solusi on-premise, Anda harus membeli sistem perangkat keras, lisensi, dan sering pembaruan dan pembaruan apa pun. Maka Anda juga perlu mempertimbangkan membayar tim IT untuk memelihara sistem dan memperbaikinya jika ada permasalahan. Dengan Sistem ERP berbasis cloud, tim IT akan dibebaskan dari tugas pemeliharaan yang memakan waktu, memungkinkan lebih banyak waktu untuk membangun strategi, mengadopsi inovasi teknologi, dan membantu bisnis Anda berjalan lebih efektif.

Bekerja dari mana saja, kapan saja

Salah satu hal terbaik tentang Cloud ERP adalah bahwa tidak seperti ERP on-premise tradisional, itu tidak perlu diinstal pada komputer dan hanya membutuhkan koneksi internet. Ini memberi pengguna kebebasan untuk mengakses sistem dan data mereka secara real-time dari laptop, gadget dan tablet di mana pun mereka berada. Memiliki visibilitas penuh bisnis kapanpun sehingga pengambilan keputusan dapat lebih cepat dilakukan.

Pay as you go

Perlu juga dicatat bahwa sistem ERP berbasis cloud adalah solusi yang sangat skalabel. Dengan kata lain, itu bisa tumbuh seiring pertumbuhan bisnis Anda. Solusi sistem ERP berbasis cloud dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak seperti sistem ERP konvensional dimana akan banyak modul yang ditawarkan, namun tidak semua modul tersebut dibutuhkan saat ini. Sistem ERP berbasis cloud memiliki kemampuan untuk menambah atau menghapus modul dan aplikasi sebagai bisnis sesuai kebutuhan dan itulah yang harus dibayar.

Keamanan

Alasan utama banyak pelaku bisnis enggan beralih ke sistem ERP berbasis cloud adalah karena merasa datanya tidak aman. Maka penting untuk menemukan vendor yang memiliki transparansi dimana hosting server, bagaimana kualitas pemrosesan data dalam ERP berbasis cloud. Banyak vendor telah berinvestasi dalam keamanan tingkat perusahaan yang bahkan mungkin melebihi apa yang dapat disediakan oleh solusi konvensional/ on-premise. Ini berarti bahwa usaha kecil hingga menengah dapat mengakses keamanan tingkat perusahaan tanpa harus membayar biaya tambahan. Selanjutnya, karena pembaruan dapat didorong secara otomatis, perusahaan selalu menggunakan versi terbaru yang telah ditambal untuk bug dan potensi kerentanan lainnya.

Manfaat untuk Cloud ERP sangat luas dan tingkat keberhasilan yang tinggi.

turboly.com