Bagaimana Loyalitas Bisa Terbentuk Melalui Point Reward

image

Point Reward akan mendorong pelanggan untuk mau menggunakan atau membeli dalam jumlah yang lebih sering dan lebih banyak. Semakin sering pelanggan belanja khususnya pada suatu merek maka semakin besar loyalitas pelanggan tersebut.

Loyalitas akan terbentuk seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi atau membeli lebih banyak bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur loyalitas pelanggan. Jika kita memiliki patokan loyalitas terbentuk karena perilaku tersebut, maka loyality point reward tidak akan memiliki daya tarik seperti sekarang ini karena hal tersebut sama saja dengan penerapan diskon dan promosi lainnya.

Kemampuan point reward dalam menciptakan loyalitas bukan karena semata-mata sebagai insentif yang mendorong perilaku belanja pelanggan. Dengan Point reward, memungkinkan retailer untuk menambah frekuensi interaksi dengan pelanggan. Cara ini dapat mendorong pembentukan loyalitas melalui point reward. Retailer harus semakin proaktif untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya melalui email newsletter, promosi atau layanan lain. Loyalitas akan tercipta karena adanya hubungan yang terus-menerus. Bukan saja frekuensi interaksi yang meningkat, tetapi juga konteks interaksi menjadi semakin luas.

Disisi lain point reward mampu menciptakan loyalitas adalah karena keinginan pelanggan untuk menaikkan statusnya. Melalui point reward, pelanggan dikelompokkan dalam berbagai kelas. Mereka yang masih termasuk kategori di bawah, misal kategori silver, terus didorong untuk memiliki keinginan mencapai golongan yang lebih tinggi, misalnya golongan gold atau platinum. Jadi, pelanggan kemudian menjadi loyal karena keinginan untuk memperbaiki status mereka. Demikan pula mereka yang sudah mencapai puncak status, diharapkan mau terus bertahan untuk mempertahankan status tersebut dengan terus-menerus loyal. Kebanggaan menjadi motivasi utama para pelanggan untuk mau loyal dengan merek tertentu.

Ingat, jangan hanya fokus untuk menciptakan pelanggan melalui point reward karena keinginan untuk menambah jumlah pembelian semata. Point reward memiliki kemampuan yang lebih dari itu.

Pada era saat ini dengan semakin majunya teknologi Software Retail Online memungkinkan data pelanggan akan terintegrasi secara real-time meskipun memiliki banyak toko/ cabang. Hal ini tentunya akan memudahkan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka karena memiliki kemudahan akses berbelanja.

turboly.com