Cara Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Mendorong Review Positif

image

Masukan dari konsumen sangat diperlukan untuk menentukan kredibilitas perusahaan khususnya perusahaan perdagangan barang dan jasa. Saat teknologi yang sudah canggih sekarang, konsumen akan dengan mudah memberikan review lewat berbagai cara bisa melalui email, social media atau platform lain. Nah, karena review atau testimoni dari konsumen sangat berpengaruh, maka berikut adalah cara bagaimana menjaga atau meningkatkan kualitas produk :

1. Quality Control

Mencegah lebih baik daripada mengatasi. Maka diperlukan Quality Control. Quality control dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun mudahnya dengan melakukan pengecekan produk saat diterima sebelum masuk ke gudang. Pastikan produk yang diterima sesuai dengan spesifikasi yang tercantum pada Purchase Order. Hal ini dapat menghindari adanya Purchase Return akibat tidak adanya Quality Control yang baik dari bagian gudang saat penerimaan.

2. Jangan Anggap Remeh Review Konsumen

Review dari konsumen harus menjadi refleksi dan motivasi untuk perbaikan. Jadi, doronglah para konsumen untuk menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk atau jasa Anda. Temukan masalah apa yang mereka alami dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Review positif atau negatif jadikanlah motivasi untuk terus berkembang

3. Mereview Supplier

Selain harga, kualitas produk yang baik atau buruk berasal dari supplier. Oleh karena itu, menilai kinerja supplier merupakan hal yang sangat penting. Jangan segan untuk berikan masukan atau teguran pada supplier agar mereka bisa meningkatkan kualitas produk mereka. Selain itu, gunakan data dari Software ERP Retail untuk menilai Service Rate dari Supplier dimulai waktu ketika Purchase Order diterbitkan hingga ke pengiriman, hingga kualitas produk. Pemilihan supplier tidak selalu berkutat pada masalah harga, jika harga yang kita bayarkan lebih mahal namun kualitas produk dan service rate supplier cukup memuaskan, harga akan menjadi pilihan nomor sekian. Software ERP Retail dapat membantu kita untuk memilih supplier mana yang lebih baik untuk kita beli produknya.

Semakin tingginya penilaian kualitas produk yang dijual, secara otomatis kepercayaan konsumen terhadap perusahaan juga akan semakin meningkat dan akan diiringi dengan peningkatkan penjualan.

turboly.com