Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Industri Retail

image

Seiring perkembangan teknologi digital, industri retail ikut terkena dampak perubahan, khususnya dalam hal teknologi. Saat ini, pelaku usaha ritel dapat menganalisa berapa jumlah trafik dan karakteristik dari konsumennya, memanfaatkan teknologi digital berupa aplikasi atau software.

Penggunaan Software Retail dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pelaku industri ritel baik yang skala kecil menengah hingga usaha besar di Indonesia untuk mengembangkan bisnis melalui platform analitik yang mencakup analisa jumlah pelanggan, kebiasaan pelanggan, berapa lama waktu pelanggan menghabiskan waktu melihat-lihat sebelum membeli, hingga menganalisa trafik calon pembeli pada jam-jam tertentu

Software retail memiliki fungsi dan aplikasi yang secara komprehensif mampu menganalisa secara detail. Laporan analitik yang dihasilkan software retail retail telah meningkat seiring dengan berkembangnya kebutuhan industry retail. Perusahaan ritel di seluruh dunia memahami besarnya keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan analisa mendalam terhdap pelanggan dan kebiasaan belanja mereka. Dengan memanfaatkan Software Retail, retailer memiliki kesempatan yang besar untuk terus mengembangkan usahanya dan menjadi berbeda dengan pesaingnya.

Software Retail juga berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Penggunaan barcode scanner, QR Code, Paperless invoice, CRM yang akan menganalisa data, trend dan yang tentunya akan membuat kinerja operasional menjadi lebih efektif & efisien. Serta didukung dengan integrasi sistem inventory, gudang , finance dan accounting untuk menghasilkan suatu proses end-to-end yang semakin memudahkan para pengusaha retail untuk mengambil keputusan.

turboly.com