Mengapa Sales Order Penting

image

Sales Order adalah surat perintah penjualan, yang menjadi dasar bagi perusahaan untuk memulai proses penjualan khususnya untuk penjualan wholesale/ B2B. Perusahaan tidak akan memproses penjualan dan pengiriman barang tanpa adanya Sales Order. Sales Order akan dibuat berdasarkan dari Purchase Order yang diterima dari konsumen. PO itu menjadi bukti bahwa konsumen secara resmi memesan barang dan konfirmasi bahwa pemesanan diproses adalah dengan menerbitkan Sales Order

Dalam Sales Order ada banyak informasi penting yang harus dicantumkan. Barang apa yang mau dikirim, seperti apa spesifikasinya, di mana alamat pengirimannya (shipping address), di mana alamat penagihannya (billing address), seperti apa metode pengirimannya dan kapan barang harus diantar, biasanya sudah dicantumkan dalam Sales Order.

Jadi, mengapa Sales Order itu sangat penting? Berikut alasannya :

Sales Order menjadi alat kontrol gudang untuk memperkirakan berapa banyak barang yang harus dikirim pada periode waktu tertentu. Itulah mengapa dalam Sales Order akan dicantumkan tanggal barang harus dikirim.

Jika barang dipesan dari pabrik, maka biasanya pabrik akan memproduksi barang sesuai pesanan dari customer. Jadi, sebelum ada perintah penjualan, tidak akan ada perintah produksi (Production Order) yang berarti tidak ada proses produksi.

Sebagai jaminan kepada konsumen bahwa barang yang mereka pesan tersedia. Ada banyak alasan bahwa memberikan jaminan barang barang tersedia diperlukan misalnya konsumen akan memesan barang namun belum dapat dikirim langsung karena karena tempatnya belum ada karena gudang konsumen masih penuh, dimana intinya konsumen mendapatkan jaminan bahwa tidak akan kehabisan barang.

Itulah mengapa, kita memerlukan Sales Order yang berdasarkan dari PO yang dikirimkan konsumen sebenarnya juga berasal dari kontrak atau penawaran yang kita kirimkan untuk mereka. Manfaat dari Sales Order adalah dapat dipastikan bahwa perusahaan sudah menerima perjanjian bersama dengan konsumen bahwa mereka melakukan pemesanan dan menginginkan pengiriman barang pada tanggal dan dengan harga sesuai perjanjian. Hal itu akan sangat membantu perusahaan untuk dalam mengontrol forecast persediaan dan cashflow yang ada diperusahaan.

Dengan menerapkan sistem ERP pada perusahaan, maka proses pembuatan Sales Order akan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga tujuan yang ingin dicapai akan lebih cepat terwujud.

turboly.com